Jauhar Paparkan Kegiatan Bidang Kesehatan Gunakan Dana Desa
22 April 2019 Admin Website Berita 7996
Jauhar Paparkan Kegiatan Bidang Kesehatan Gunakan Dana Desa

SAMARINDA -- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, Moh Jauhar Efendi memaparkan secara gamblang kemungkinan melaksanakan kegiatan bidang kesehatan menggunakan Dana Desa yang masuk ke setiap desa.

Hal tersebut disampaikannya saat didaulat menjadi salah satu pembicara pada Rapat Koordinasi Lintas Program/Sektor Kesehatan Keluarga, di Samarinda, Senin (22/4).

Menurutnya, banyak yang bisa dilakukan dalam pengelolaan kegiatan pelayanan kesehatan masyarakat.

“Pelaksanaannya masuk dalam prirotas penggunaan Dana Desa bidang pemberdayaan masyarakat berupa peningkatan kualitas dan akses terhadap pelayanan sosial dasar masyarakat,” sebutnya.

Adapun kegiatan peningkatan kualitas dan akses terhadap pelayanan sosial dasar masyarakat dimaksud berupa penyediaan air bersih, pelayanan kesehatan lingkungan, dan penyediaan makan sehat untuk peningkatan gizi balita dan anak sekolah.

Kemudian pengelolaan balai pengobatan desa, perawatan kesehatan untuk ibu hamil dan menyusui, pengobatan untuk lansia, fasilitasi KB, pengelolaan kegiatan rehabilitasi bagi penyandang disabilitas,  serta giat pelayanan kesehatan masyarakat desa lainnya.

Penetapannya dilakukan sesuai analisis kebutuhan dan kondisi desa yang diputuskan dalam musyawarah desa untuk kemudian ditetapkan sebagai priorotas kegiatan yang akan dilaksanakan dan tertuang dalam RPJMDes maupun RKPDes.  

Dia menilai penggunaan Dana Desa untuk pelayanan kesehatan masyarakat desa merupakan bentuk sinergi program kegiatan lintas sektor.

“Sinergitas adalah kerjasama instansi atau lembaga yang menghasilkan suatu tujuan yang lebih baik dari pada dikerjakan sendir,” katanya sambil menyebut program penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Neonatus (AKN) yang perlu dilakukan lintas sektor dan menjadi tanggung jawab bersama.(DPMPD Kaltim/arf)

 

 


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 15 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023