Jauhar Tantang Juara Lomba BUMDes Harus Mampu Berbicara di Kancah Nasional
26 Agustus 2019 Admin Website Berita 6912
Jauhar Tantang Juara Lomba BUMDes Harus Mampu Berbicara di Kancah Nasional

SAMARINDA – Juara Lomba BUMDes tingkat Provinsi Kaltim 2019 diganjar penghargaan sertifikat dan uang pembinaan. Penyerahan penghargaan dilakukan Kepala DPMPD Kaltim, Moh Jauhar Efendi dalam nuansa apel pagi, di Halaman Kantor DPMPD Kaltim, Senin (26/8).

Dalam arahannya, Jauhar berpesan agar para juara lomba terus meningkatkan kualitas pengelolaan BUMDes dan menunjukan mampu mewujudkan sasaran utamanya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Tantangan juara Lomba BUMDes harus mampu berbicara di kancah nasional. Sejauh ini kita belum mampu berprestasi pada Lomba BUMDes di tingkat nasional. Kedepan pengelola harus mampu membawa BUMDesnya berprestasi di tingkat nasional,” seru Moh Jauhar Efendi.

Hanya saja, dia mengaku juara bukan menjadi tujuan utama, tapi bagaimana peran BUMDes dalam menyumbang pendapatan asli desa. Gilirannya menjadikan desanya mandiri dengan memiliki sumber pendapatan asli desa memadai dan masyarakatnya sejahtera.

Karenanya pengelola BUMDes disarankan agar tidak mengembangkan usaha yang sudah digeluti masyarakat. “Jangan karena ingin untung besar usaha yang sudah dikelola masyarakat malah diambil alih. Sebab ujung-ujung meningkatkan kesejahteran. Bagaimana mau sejahtera kalau usahanya diambil alih,” katanya.

Pengelola BUMDes harus mampu berkreasi dan berinovasi mengembangkan unit usahanya. Dia berharap setidaknya mampu meniru keberhasilan BUMDes Gunung Kidul yang berhasil mengembangkan modal awal sekitar Rp3 juta berkembang menjadi sekitar Rp3 Milyar selama tiga tahun.

“Kenapa disana bisa, kita tidak. Prinsipnya kita harus bisa dan jangan takut bermimpi, tapi harus ada tindakan mewujudkannya. Kalau mimpi saja tidak ada usaha namanya menghayal,” katanya.

Apalagi sekarang peluang memperoleh sumber peniayaan pengembangan BUMDes terbuka lebar. Bisa dari ADD bahkan pihak ketiga.

Untuk diketahui, Lomba BUMDes tingkat Provinsi Kaltim 2019 dibagi menjadi dua kategori, yakni Inovasi Terbaik dan Pengelolaan Keuangan dan Aset.

Adapun pemenang penilaian BUMDes kategori pengelolaan keuangan dan aset BUMDes mulai dari  BUMDes Amanah, Desa Padang jaya, Long Ikis, Paser juara satu dengan nilai 2.340, BUMDes Payang Sejahtera, Desa Sungai Payang, Loa kulu, Kutai Kartanegara juara dua dengan nilai 2.296, dan BUMDes Maju Jaya, Desa Telemow, Sepaku, Penajam Paser Utara juara tiga dengan nilai 1.900.

Sedangkan pemenang penilaian BUMDes terbaik inovasi BUMDes dimenangkan BUMDes Bersinar Desaku, Desa Muara Enggelam, Muara Wis, Kutai Kartanegara juara satu dengan nilai 1.534, BUMDes Wahana Karya Sejahtera, Desa Jemparing, Long Ikis, Paser juara dua dengan nilai 1.529, dan BUMKam Kemang, Desa Juaq Asa, Barong Tongkok, Kutai Barat juata tiga dengan nilai 1.463.(DPMPD Kaltim/arf)

 

 


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023