Jauhar Terus Perjuangkan Minta Penambahan Porsi Pelatihan Masyarakat Kaltim
11 Desember 2019 Admin Website Berita 1171
Jauhar Terus Perjuangkan Minta Penambahan Porsi Pelatihan Masyarakat Kaltim

BANJARMASIN -- Pemprov Kaltim melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim terus berjuang agar Kaltim mendapat perhatian lebih dalam pelaksanaan program peningkatan kualitas SDM melalui Balai Latihan Masyarakat (BALATMAS) Banjarmasin.

Kepala DPMPD Kaltim, Moh Jauhar Efendi mengaku akan terus memperjuangkan minta agar Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) melalui BALATMAS Banjarmasin menambah porsi pelatihan masyarakat Kaltim.

"Terus terang kami mengaku bersyukur selama ini mendapat perhatian. Kita sangat siap terima program pelatihan masyarakat di Kaltim, karenanya berharap porsinya ditambah pada tahun-tahun mendatang," harap Moh Jauhar Efendi saat menyampaikan arahan pada pembukaan kunjungan studi kerja, di Aula BALATMAS Banjarmasin, Rabu (11/12).

Bila dibutuhkan, kata dia, Kaltim siap membuat Surat Gubernur Kaltim ditujukan kepada Kemendes PDTT dengan tembusan BALATMAS Banjarmasin meminta agar porsi pelatihan masyarakat Kaltim ditambah. Dia menilai wajar agar masyarakat Kaltim siap menghadapi tantangan sebagai lokasi pemindahan Ibu Kota Negara (IKN).

Jangan sampai pada saatnya masyarakat hanya menjadi penonton karena tidak siap dari sisi kapasitas.

Sementara Sekretaris DPMPD Kaltim, Surono menyebut kunjungan ke BALATMAS Banjarmasin dalam rangka sinkronisasi dan sinergitas program peningkatan kualitas SDM.

"Perencanaan tidak bisa sendiri. Perlu sinkron. Makanya merasa tidak cukup dibahas di internal Kaltim, tapi juga perlu jalin kerjasama dengan provinsi lain regional Kalimantan. Terlebih Kaltim bakal menjadi lokasi pemindahan IKN," katanya.

Diantaranya diawali kerjasama dengan BALATMAS Banjarmasin dari sisi peningkatan kapasitas masyarakat Kaltim. Setidaknya masyarakat Kecamatan Sepaku Penajam Paser Utara dan Kecamatan Samboja Kutai Kartanegara yang merupakan lokasi pemindahan IKN.

Menyikapi itu, Kepala BALATMAS Banjarmasin, Pepen Ependi menyambut baik komitmen Pemprov Kaltim dalam peningkatan kualitas SDM dimaksud.

Secara prinsip, kata dia, BALATMAS selalu siap bekerjasama dengan pemda se Kalimantan dalam melaksanakan pelatihan masyarakat.

"Ini salah satunya. Bekerjasama dengan DPMPD Kaltim sebagai wujud nyata dukungan kita dan kesiapan bekerjasama dengan siapapun. Membangun kerjasama dan kemitraan baik. Apalagi kita bukan siapa-siapa, melainkan saudara," katanya.

Kegiatan berlangsung hangat. Momentum diskusi dimanfaatkan untuk berdiskusi oleh beberapa pejabat dan staf, termasuk Koordinator Pendamping Wilayah Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPW P3MD) Kaltim, Alwani dan Sekretaris DPMD Paser, Jarkawi yang ikut kegiatan.

Nampak hadir Kabid Pemberdayaan Kelembagaan dan Sosbudmasy, Isnaini Trikorawati, Kabid Pembangunan Desa dan Kawasan Perdesaan, Riani Tisnadewi, dan Kabid Usaha Ekonomi Masyarakat, SDA, dan TTG, Rusniati dan kepala seksi beserta staf di lingkungan DPMPD Kaltim, maupun BALATMAS Banjarmasin.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online 3
Pengunjung Hari Ini 85
Halaman Dikunjungi Hari Ini 511
Total Pengunjung 117316
Total Halaman Dikunjungi 993345
Government Public Relation

Jl. MT Haryono - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 993345
Bulan ini : 43833
Hari ini : 511

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021