Jauhar Usulkan Agendakan Sekolah Kepemimpinan Kepala Desa
29 Agustus 2018 Admin Website Berita 6496
Jauhar Usulkan Agendakan Sekolah Kepemimpinan Kepala Desa

SAMARINDA -- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, Moh Jauhar Efendi mengusulkan agar daerah mengagendakan pelaksanaan sekolah kepemimpinan bagi kepala desa terpilih pasca pilakades sebelum pelantikan. Ia menilai penting agar sebelum mengabdi, kepala desa memiliki kemampuan dan kapasitas yang dibutuhkan dalam menunjang kinerja.

"Diusulkan diagendakan setiap pelaksanaan pilkades. Dengan demikian kepala desa terpilih saat dilantik sudah bisa langsung action karena sudah memiliki kamampuan dan kapasitas yang dibutuhkan," ujar Jauhar saat menerima kunjungan kerja DPMD Paser, di Ruang Rapat DPMPD Kaltim, Selasa (29/8).

Pelaksanaannya, kata Jauhar, bisa melibatkan lintas sektor terkait yang berpengalaman di lapangan sebagai instruktur untuk memberikan pemahaman berkaitan ketentuan yang diamanatkan peraturan perundang-undangan tentang tugas pokok dan fungsi, serta tanggung jawab kepala desa.

Bila dilakukan, ia mengaku yakin kinerja penyelenggaraan pemerintahan desa dan pelaksanaan pembangunan akan berjalan semakin baik. Ditandai diantaranya kedepan progres penyaluran dan realisasi dana desa semakin baik.

"Saat ini isu besarnya terkait penyaluran dana desa. Khususnya Kabupaten Paser yang penyaluran dana desa terbilang paling lamban ketimbang daerah lain. Padahal kondisinya tenaga pendamping profesional di Paser paling lengkap, tapi tidak paraler. Penyerapannya rendah. Mahulu yang tidak ada tenaga pendamping profesional malah cukup bagus," ucapnya.

Sejalan dengan itu, Sekretaris DPMPD Kaltim dalam paparannya mengingatkan jajaran DPMD Paser memberi perhatian pendampingan penyaluran dana desa di daerahnya. "Silahkan dicopy paparan ini dan dicermati menjadi oleh-oleh untuk ditindaklanjuti di Paser," serunya.

Terkait kunjungan kerja, Kepala DPMD Paser, Hutamin berharap pertemuan menjadi ajang meningkatkan koordinasi antar DPMPD dan DPMD Paser dalam pelaksanaan kinerja. Terlebih ia baru beberapa waktu ini diamanahkan menjadi Kepala DPMD Paser.

"Kita berharap ada dukungan provinsi memberikan pembinaan karena yakin banyak mengetahui kabupaten se Kaltim, khususnya Kabupaten Paser," ujarnya.

Jauhar sendiri menerima kunjungan selain didamping Sekretaris DPMPD juga ditemani Kabid Pembangunan Desa dan Kawasan Perdesaan, Riani Tisnadewi, Kabid Pembinaan Kelembagaan, dan Sosbudmasy, Surya Dharma Herman, Kabid Pemerintahan Desa dan Kelurahan, Noor Fathoni seta Kasi terkait lingkup DPMPD Kaltim.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023