Kaltim Siapkan Raker Percepatan Penyaluran dan Pengelolaan Dana Desa
14 Februari 2020 Admin Website Berita 6644
Kaltim Siapkan Raker Percepatan Penyaluran dan Pengelolaan Dana Desa

*Diperkirakan Akan Dihadiri 1.200 Peserta dan Tamu Undangan

SAMARINDA – Pemprov Kaltim melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim diakui sedang mempersiapkan pelaksanaan rapat kerja (raker) percepatan penyaluran dan pengelolaan Dana Desa tahun 2020.

Raker dilaksanakan diseluruh provinsi di Indonesia, dan pelaksanaan di Kaltim merupakan tahap III yang rencananya dilaksanakan, di Planery Hall Convention Hall Samarinda, 25 Pebruari 2020.

“Sudah saya laporkan ke Pak Gubernur hasil Rapat Persiapan Raker Percepatan Penyaluran dan Pengelolaan Dana Desa Tahun 2020 yang dipimpin Sekjen, Dirjen Bina Pemerintahan Desa (BPD) dan Irjen Kemendagri, di Jakarta, pada kamis (13/2) kemarin. Intinya diamanatkan melaksanakan raker di setiap provinsi di seluruh Indonesia, kecuali Prov DKI Jakarta yang tidak memiliki desa,” ujar Kepala DPMPD Kaltim, Moh Jauhar Efendi, Jumat (14/2).

Peserta raker secara keseluruhan sekitar 90.505 orang, dibagi 3 tahap. Tahap I, II dan III dan masing-masing tahapan dilaksanakan secara serentak di 11 provinsi per tahapannya.

Jika dibagi 11 provinsi per tahapannya, raker di Kaltim setidaknya akan diikuti oleh 1.038 peserta. Unsur peserta terdiri atas Sekda, Kapolda, Keplaa DPMPD, Kepala BPKAD, Irwilprov untuk tingkat provinsi.

Kemudian Sekda, Kapolres,Kepala DPMD, Kepala BKAD, Irwilkab 7 kabupaten se Kaltim, serta 81 orang Camat yang membawahi 841 desa dari 103 Camat se Kaltim, dan 81 pendamping desa sebagai unsur peserta kabupaten.

Jumlah tersebut belum termasuk undangan untuk Forkopimda, Ketua DPRD, dari Pusat dan Panitia. Perkiraan total peserta, undangan, dan panitia (termasuk petugas keamanan, pengaturan parkir dll) sekitar 1.200 orang,” katanya,

Perihal pemberitahuan instruksi pelaksanaannya di setiap provinsi akan disampaikan melalui Surat Mendagri RI yang akan disampaikan sesegera mungkin. Pelaksanaannya berkolaborasi dukungan pendanaan Kemendagri dan Pemprov Kaltim.

Sebagai langkah awal, dia mengagendakan rapat internal lingkup DPMPD Kaltim membahas hal-hal yang perlu dipersiapkan dan mendapat perhatian serius. Kemudian akan dilanjutkan berkoordinasi dengan perangkat daerah terkait lingkup Kaltim untuk minta dukungan penyiapan tempat lokasi acara.(DPMPD Kaltim/arf)

 


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023