Kampung Jambuk Alokasikan Dana Perlindungan Hutan Dukung Program Pengurangan Emisi Karbon
24 Oktober 2019 Admin Website Berita 7402
Kampung Jambuk Alokasikan Dana Perlindungan Hutan Dukung Program Pengurangan Emisi Karbon

KUTAI BARAT – Kampung Jambuk, Kecamatan Bongan, Kabupaten Kutai Barat menunjukan komitmennya siap mendukung program pengurangan emisi karbon Forest Carbon Partnership Fasility (FCPF) Carbon Fund 2020-2024. Kampung Jambuk mengalokasikan dana perlindungan hutan sekitar Rp10 juta melalui APBKam 2020 mendatang.

“Ini bentuk apresiasi kita atas ditetapkannya Kampung Jambuk sebagai lokus pelaksanaan Proklim. Anggaran tersebut diperuntukan pemetaan hutan Proklim,” ungkap Petinggi Kampung Jambuk, Sahril saat menerima kunjungan Tim Monev Proklim DPMPD Kaltim, di Lokasi Hutan Kampung Jambuk, Kamis (24/10)

Menurutnya, kawasan hutan yang ada di Kampung  Jambuk sekitar 10.000 hektar berupa Hak Pengusahaan Hutan (HPH) PT ITCHI, tapi 1.000 hektar diantaranya  menjadi milik masyarakat.

Dia mengaku lahan masyarakat tersebut bahkan sudah banyak yang melobi untuk membeli dan dijadikan perkebunan kelapa sawit, tapi masyarakat menolak. Itu menunjukan bukti bahwa masyarakat peduli akan hutan.

“Terlebih pada kondisi sekarang. Kecamatan Bongan menjadi magnet para pemilik modal ingin membeli tanah seiring rencana pemindahan lokasi Ibu Kota Negara, karena jika ditarik garis lurus dari Simpang Resak antara Kecamatan Bongan dengan calon lokasi Ibu Kota Negara terhubung. Jika tidak dijaga kita akan kehilangan kawasan hutan yang ada,” akunya.

Menyikapi itu, Penanggung Jawab Kegiatan Monev Proklim DPMPD Kaltim, Noor Fathoni mengapresiasi komitmen Kepala Desa Jambuk beserta perangkat dan masyarakatnya mendukung Proklim. “Komitmen ini yang dibutuhkan untuk suksesnya pelaksanaan program. Semoga saat pelaksanaannya bisa sesuai harapan,” harapnya.(DPMPD Kaltim/jakaria/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023