Kampung Tukuq Raih Pakarti II Utama Tingkat Kabupaten Pelaksana Terbaik UP2K PKK
25 Juli 2019 Admin Website Berita 6731
Kampung Tukuq Raih Pakarti II Utama Tingkat Kabupaten Pelaksana Terbaik UP2K PKK

PADANG --  Provinsi Kaltim kembali menorah prestasi dikancah nasional. Kampung Tukuq, Kecamatan Bentian Besar, Kabupaten Kutai Barat diganjar penghargaan Pakarti Utama II Tingkat Kabupaten sebagai Pelaksana Terbaik Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK diarena Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-47 Tingkat Nasional Tahun 2019 yang digelar di Lapangan RTH Imam Bonjol, Padang, Sumatera Barat,Rabu (24/7).

“Syukur alhamdulillah, sangat membanggakan dan membahagiakan. Itulah hasil kerja keras. Warga pedalaman Kutai Barat di Kampung Tukuq membuktikan bahwa daerah pedalaman ternyata juga mampu bersaing di level nasional. Terima kasih untuk semuanya,” kata Ketua TP PKK Kaltim, Norbaiti Isran Noor didampingi Wakil Ketua I TP PKK Kaltim, Erni Makmur  Hadi Mulyadi dan Kepala DPMPD Kaltim Moh Jauhar Efendi usai penyerahan piagam penghargaan oleh Ketua Umum TP PKK Pusat Erni Guntarti Tjahjo Kumolo.

Keberhasilan tersebut diakui membuat Kaltim bangga. Apalagi  Kampug Tukuq secara geografis berada jauh di pedalaman. Mereka membuktikan dari ujung pedalaman, Kampung yang berbatasan dengan Kampung Tambaba, Kecamatan Barito Utara, Kalimantan Tengah ini sukses mengharumkan nama Kaltim di kancah nasional. 

Keberhasilan tersebut karena kampung ini dinilai sangat sukses mengembangkan program UP2K. Salah satunya kerajinan anyaman rotan menjadi berbagai produk olahan berkualitas dan bernilai tambah, seperti tikar, tas motif, sepatu, topi, dan lain sebagainya.

Hampir semua keluarga di kampung tersebut menekuni usaha kerajinan rotan tersebut. Dan sebagian produk warga Kampung Tukuq sudah laku terjual di arena Pameran HKG di Kota Padang, bahkan sebelum pameran itu dibuka oleh Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, Rabu sore kemarin.

Usaha kerajinan anyaman rotan ini pun memberikan dampak sangat baik terhadap upaya peningkatan kesejahteraan keluarga di kampung setempat.  Meski menghadapi banyak hambatan seperti infrastruktur jalan yang sebagian rusak   dan berlubang semangat warga Kampung Tukuq tak pernah kendur. Ketiadaan listrik PLN juga tak membuat mereka menyerah. 

“Semangat warga Kampung Tukuq ini harus kita tiru. Alhamdulillah, kerja keras dan semangat mereka terbayar dengan prestasi membanggakan ini,” tegas Norbaiti.

Selain Kampung Tukuq, prestasi lain juga diraih Kota Balikpapan dengan Pakarti Madya I sebagai Pelaksana Terbaik Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test dan Kelurahan Belimbing, Kecamatan Bontang Barat, Kota Bontang yang meraih Pakarti Madya I sebagai Pelaksana Terbaik Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) dengan Cinta Kasih.

Penyerahan penghargaan juga dihadiri Ketua TP PKK Kutai Barat Yayuk Seri Rahayu Yapan dan  Ketua TP PKK Balikpapan Hj Arita Rizal Efendi.Hadir pula Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.(DPMPD Kaltim/*/abdi/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023