KBBKT Siap Gelar Aruh Ganal Budaya Banjar 2020

icon - In Berita By Admin Website    icon 8651

KBBKT Siap Gelar Aruh Ganal Budaya Banjar 2020

SAMARINDA -  Kerukunan Bubuhan Banjar Kalimantan Timur (KBBKT) sedang bersiap menggelar kegiatan besar bernuansa adat dan kebudayaan.

Itulah Aruh Ganal Budaya Banjar yang akan dilaksanakan Pengurus Wilayah (PW) KBBKT dipusatkan, di GOR Segiri Samarinda, 13 -15 Maret 2020.

Aruh Ganal Budaya Banjar rencananya akan dibuka Gubernur Kaltim, Isran Noor dengan dihadiri Gubernur Kalsel, Ketua Umum Pengurus Kerukunan Bubuhan Banjar, dan Ketua Umum PW KBBKT pada Jumat (13/2) malam.

Pada acara pembukaan selain acara sermonial juga akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti pagelaran kolaborasi tari banjar berupa kuntaw, kuda gipang, tarik tirik, dan tari japin. Kemudian lamut dan pagelaran mamanda dari Kalsel.

Dikatakan Ketua Pemuda Banjar Kaltim, dan Koordinator acara Bajalan Baimbai dan Dunur Darah, Fahrian Nur kegiatan selanjutnya lomba mehalabiu, vocalis lagu banjar, seminar sejarah banjar, parade madihin dari kabupaten/kota se Kaltim dan final vocalis lagu banjar, serta pagelaran wayang kulit banjar.

"Sebagai penutup kita akan gelar jalan santai, donor darah, parade kuliner banjar, lomba busana adat banjar, serta penutupan aruh ganal," urainya.

Terkait Jalan Sehat Baimbai rencananya akan dimeriahkan pembagian doorprize 5 Buah Sepeda Motor dan Umrah dari Ketum KBBKT. Sedangkan untuk donor darah akan ada fapat Baju Kaos Bubuhan Banjar dan Makan Soto Paray/gratis.

Melalui kegiatan aruh ganal KBBKT ingin membuktikan orang banjar dangat peduli sosial dan menjaga adat / kebudayaan dan Adab (akhlak),  sehingga dengan kegiatan aruh ganal ini dapat memberikan pendidikan kepada generasi muda banjar agar melestarikan Budaya Banjar di tengah kemajuan teknologi.(DPMPD Kaltim/arf)