Kembali Diingatkan, Prioritaskan Penggunaan DD Untuk Sektor Pemberdayaan Masyarakat
11 September 2019 Admin Website Berita 6569
Kembali Diingatkan, Prioritaskan Penggunaan DD Untuk Sektor Pemberdayaan Masyarakat

KUKAR -- Berkumpulnya kepala desa beserta perangkat, BPD, dan organisasi perempuan se Kabupaten Kutai Kartanegara kembali dimanfaatkan mengingatkan agar penggunaan Dana Desa (DD) lebih diarahkan untuk sektor pemberdayaan masyarakat.

Berdasarkan evaluasi penggunaan dana desa sejak 2015 hingga 2019 lebih banyak digunakan untuk sektor pembangunan desa. Persentasenya mencapai 90 persen lebih, sementara untuk pemberdayaan masyarakat masih terbilang kecil.

Padahal sektor pemberdayaan masyarakatlah yang dinilai dapat mendorong kemajuan desa karena mampu mendorong masyarakatnya semakin berdaya saing.

"Sebagai contoh Desa Pela. Potensinya sebagai desa wisata memungkinkan penggunaan DD untuk kegiatan pengembangan wisata maupun peningkatan kapasitas masyarakat agar sadar wisata," kata Plt Asisten Pemerintahan dqn Kesra Sekprov Kaltim, Moh Jauhar Efendi yang Kepala DPMPD Kaltim saat membuka Dialog Interaktif Kiprah Desa, di Gedung Serbaguna Desa Pela, Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara, Rabu (11/9).

Sebagai contoh, DD bisa dimanfaatkan menggelar pelatihan Bahasa Inggris bagi masyarakat agar bisa berkomunikasi jika suatu saat ada wisawatawan asing berkunjung.

Mengingat Desa Pela potensial dikembangkan menjadi destiniasi wisata unggulan di Kutai Kartanegara. Lokasinya tidak terlalu jauh dari kecamatan, dan daerahnya menjanjikan suasana tenang jika wisatawan mencari ketenangan.

Dia menyarankan agar potensi Desa Pela terus dikembangkan, diantaranya diharap membuat paket wisata yang menarik kemudian didukung kondisi masyarakat sekitar yang sadar wisata. Sebagai contoh harus ramah terhadap pengunjung dan mampu menjaga keamanan di wilayahnya.

Sebab Bali bisa berkembang menjadi daerah wisata seperti sekarang karena daerahnya relatif aman dan hampir tidak ada kasus pencurian. Sekalipun terjadi itu karena pendatang.

Sedangkan pelaksanaan Kiprah Desa sendiri merupakan upaya untuk menjaring berbagai informasi terkait pelaksanaan program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di desa-desa di seluruh wilayah Kaltim.

Termasuk menyampaikan informasi secara jelas terkait undang-undang dan peraturan terkait pelaksanaannya.

Seperti diketahui sejak terbit UU No6/2014 tentang desa tidak sedikit peraturan perundang-undang turunannya diterbitkan. Termasuk peraturan terkait prioritas penggunaan dana desa yang setiap tahun terus berubah.

"Melalui kegiatan ini diharap setiap peserta yang hadir dapat bertanya secara jelas mengenai peraturan perundang-undangan terkait pelaksanaan penggunaan dana desa agar mampu mewujudkan pembangunan dan pemberdayaan nasyara desa dengan baik," katanya.

Sementara Sekretaris DPMPD Kaltim, Surono menyebutkan Kiprah Desa bidang pemberdayaan masyarakat dan Pemerintahan Desa tahun 2019 dilaksanakan dengan maksud dapat menggali informasi langsung dari masyarakat tentang keberhasilan pembangunan desa, pengembangan inovasi dan potensi unggulan desa, serta untuk menilai perkembangan perkembangan pelaksanaan program kegiatan yang sudah dan atau sedang berjalan.

"Diharapkan dapat terjadi sinergitas provinsi dan kabupaten kota terkait pembangunan desa dengan mendengarkan permasalahan yang terjadi dan mencari solusi serta percepatan pencapaian program kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui penyamaan dan pemahaman dan persepsi," katanya.

Kegiatan dimaksudkan untuk menginventarisasi pokok-pokok permasalahan pokok masyarakat dan pemerintahan desa serta langkah pemecahannya, serta melaksanakan fungsi Satgas Pengawasan DD dan Pembinaan Implementasi UU Desa.

Kegiatan menghadirkan narasumber Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekprov Kaltim, Moh Jauhar Efendi,  Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekkab Kutai Kartanegara, Ahmad Taufik Hidayat, Kapolda Kaltim yang Diwakili AKP Sakir Arman, Kasitel Kejari Kutai Kartanegara, Teguh Dwi Cahyo, dan Kabid APD BPKP Kaltim, Sumaljo, serta Irban PA Inspektorat Kaltim, Ghazali, serta kepala bidang lingkup DPMPD Kaltim, Riani Tisnadewi, Rusniati, dan Isnaini Trikorawati beserta beberapa staf teknis dengan moderator Marga Rahayu dari RRI Samarinda.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023