Kepala Desa/Kampung Jalani Tahapan Seleksi Pemaparan Lomdeskel 2018
25 Juli 2018 Admin Website Berita 6313

SAMARINDA – Kepala Desa/kampung yang masuk peringkat tiga besar Lomba Desa/Kampung dan Kelurahan (Lomdeskel) tingkat provinsi tahun 2018 menjalani tahapan seleksi pemaparan. Pada tahapan akhir ini, setiap kepala desa/kampung berlomba mengambil hati tim penilai memaparkan kinerja pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan di wilayah masing-masing untuk ditetapkan sebagai desa/kampung dan kelurahan terbaik tingkat provinsi.

“Ini tahapan yang sangat menetukan. Silahkan paparkan keberhasilan yang sudah dilakukan sebagai acuan tim menetapkan desa/kampung dan kelurahan terbaik tahun ini,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, Moh Jauhar Efendi saat membuka pelaksanaan tahapan seleksi pemaparan Lomdeskel 2018, di Ruang Pertemuan Kantor DPMPD Kaltim, Selasa (24/7).

Menurut Jauhar ada beberapa hal penting yang menjadi penilaian seleksi pemaparan menyangkut hal-hal yang sudah dilakukan seperti pemenuhan ketersedian infrastruktur dasar masyarakat berupa jalan, jembatan, maupun pelayanan kesehatan, dan pendidikan.

Karenanya tahapan pemaparan tersebut menghadirkan setiap kepala bidang di lingkungan DPMPD Kaltim untuk mengukur kesesuaian capaian yang dipaparkan dengan kondisi yang seharusnya sesuai lingkup bidang terkait.

Termasuk dihadirkan tim penilai dari instansi terkait seperti Dinas Kesehatan Kaltim, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Kaltim, hingga LPM yang juga akan melihat kesesuaian pamaparan dengan yang seharusnya dilakukan.

“Seleksi pemaparan ini juga dihadiri oleh Tim dari Kemendagri. Setidaknya ada empat orang dari Tim Kemendagri yang memantau jalannya tahapan seleksi pemaparan,” ujarnya.

Lebih lanjut, seleksi pemaparan dilaksanakan selama dua hari, 24-25 Juli 2018. Hari pertama khusus pemaparan kepala desa/kampung yang ditetapkan masuk tiga besar diawali pemaparan Kepala Kampung Juaq Asa, Barong Tongkok, Kutai Barat, dilanjutkan Kepala Desa Maluang, Gunung Tabur,Berau, dan diakhiri Kepala Desa Sidorejo, Penajam, Penajam Paser Utara.

Hari kedua dilanjutkan pemaparan Lurah Belimbing, Bontang Barat, Bontang, dilanjutkan Lurah Sepinggan, Balikpapan Barat, Balikpapan, dan Lurah Tanjung Redeb, Tanjung Redeb, Berau.

Hasil tahapan seleksi pemapaaran akan diumumkan  31 Juli 2018. Desa/kampung dan kelurahan terbaik akan diberi penghargaan Lomdeskel 2018 pada Malam Anugrah Kaltim Award 2019 yang akan dilaksanakan Januari 2019 dalam rangka peringatan HUT Pemprov Kaltim.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023