Kepala DPMPD Bicara Tupoksi KPP Membangun Kampung
01 September 2022 Arif Maulana Berita 380
Kepala DPMPD Bicara Tupoksi KPP Membangun Kampung

KUTAI BARAT – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim Anwar Sanusi menjadi pembicara Kegiatan Pembinaan Kelompok Masyarakat Pengelola Prasarana dan Prasarana Kampung (KPP/SPAMS) yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kutai Barat, Selasa (30/8/2022).

 

Anwar Sanusi pada kesempatan itu berbicara terkait Tupoksi KPP dalam membangun kampung. “KPP memiliki tugas menyusun rencana kerja jangka pendek dan jangka panjang secara partisipatif, melaksanakan rencana kerja yang telah ditetapkan, dan menjalin kemitraan dengan lembaga kemasyarakatan lainnya dan atau dengan pihak swsata,”katanya.

 

Selanjutnya membuat laporan bulanan, triwulan, semester dan tahunan kepada Kepala Desa/Kepala Kampung/Lurah, dan melaksanakan evaluasi kerja dan pertanggungjawaban pelaksanaan kepada warga setiap akhir tahun dan akhir masa bhakti.

 

Menurutnya, selama ini pemerintah telah banyak membangun fasilitas umum melalui berbagai program. Hanya saja sarana dan prasarana fasilitas umum yang dibangun sebagian besar kurang terpelihara, rusak, dan bahkan beberapa fasilitas tidak dapat digunakan lagi.

 

Hal tersebut didasari keterbatasan anggaran Pemerintah, Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota dan masyarakat kurang dilibatkan saat perencanaan hingga pembangunan sapras fasilitas umum.

 

“Dengan keterbatasan tersebut, sepatutnya pengelolaan dan pemeliharaan fasilitas umum di lingkungan permukiman, sudah selayaknya diserahkan kepada masyarakat,”katanya.

 

Diantaranya melakukan pemeliharaan agar semua aset desa selalu dalam keadaan baik dalam rangka mendukung penyelenggaraan Pemerintahan Desa.

“Melakukan serangkaian kegiatan terencana dan sistematis secara rutin maupun berkala untuk menjaga agar sarana dan prasarana yang telah dibangun tetap dapat berfungsi dan bermanfaat sesuai rencana,”sebutnya.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online 2
Pengunjung Hari Ini 424
Halaman Dikunjungi Hari Ini 1643
Total Pengunjung 157831
Total Halaman Dikunjungi 1405514
Government Public Relation

Jl. MT Haryono - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1405514
Bulan ini : 1643
Hari ini : 1643

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021