Kepseka dan Capit Soka Hasil Workshop TTG Budidaya Kepiting Soka
10 November 2022 Arif Maulana Berita 5506
Kepseka dan Capit Soka Hasil Workshop TTG Budidaya Kepiting Soka

ANGGANA -- Pelaksanaan Workshop Teknologi Tepat Guna (TTG) Budidaya Kepiting Soka, di Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara menghasilkan produk yang akan dibranding agar dikenal dan diminati pasar.

 

Produk yang akan dibranding Kepseka yang merupakan singkatan Kepiting Segar Soka Anggana kreasi kelompok ibu-ibu dan Capit Soka hasil kreasi kelompok bapak-bapak.

 

"Harapan setelah pelatihan praktek, dikemas, siap jual

 Tidak hanya sekedar pelatihan. Sudah terlalu sering. Harus ada output. Outputnya jualan. Makanya harus dibranding," kata Muhammad Faried selaku Praktisi Ekonomi saat menjadi pemateri Workshop TTG Budidaya Kepiting Soka hari kelima, di Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kamis (10/11/2022).

 

Dia berharap setelah workshop pola fikir peserta yang tadinya hanya sebagai nelayan atau petani bisa berubah minimal naik menjadi pengepul dan gilirannya menjadi pengusaha.

 

"Peserta mayoritas nelayan sudah familiar dengan kepiting, kepiting Soka, udang, ikan, dan udang. Bedanya selama ini hanya menjual segar. Harusnya sudah produk turunan dengan nilai ekonomi tinggi," kata Farid.

 

Sebagai penunjang peserta bisa mulai mengurus izin usaha, kelayakan produk, dan hal-hal lain yang dibutuhkan untuk membranding produk yang dihasilkan masyarakat. Pelaksanaannya bisa perorang atau kelompok sesuai kebutuhan.

 

Bila perlu kegiatan masyarakat di bawah binaaan BUMDes agar unit usahanya lebih terkordinir dengan baik. Dan lebih memungkinkan mendapat dukungan bantuan permodalan dari Desa maupun akses permodalan dari perbankan karena BUMDes sudah berbadan hukum.

 

Workshop TTG sendiri terselenggara atas dukungan DPRD Kaltim melalui dana pokok-pokok fikiran (Pokir) anggota dewan bagi masyarakat daerah konstituennya.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023