KKN Sesuai Visi Misi Unmul Berperan Membangun Bangsa
18 Juni 2020 Admin Website Berita 7618
KKN Sesuai Visi Misi Unmul Berperan Membangun Bangsa

SAMARINDA – Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan wujud nyata pengabdian masyarakat kepada masyarakat dalam membangun bangsa dan tanah air. Ini sesuai dengan Visi Misi Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda yang ingin menggambarkan sebagai universitas standar internasional berperan dalam pembangunan bangsa.

“Karenanya mahasiswa juga harus faham makna pelaksanaan KKN agar bisa memberi makna dalam membangun bangsa,” ujar Rektor Unmul Samarinda, Profesor Masjaya saat membuka pembekalan program KKN Kondisi Luar Biasa (KLB) Unmul Samarinda yang dilakukan secara virtual, Kamis (18/7) siang.

Menurutnya, dalam kondisi pandemi seperti sekarang masyarakat sangat butuh perhatian termasuk dalam hal pendampingan dari kalangan akademik. Peran yang bisa dilakukan dengan mengedukasi masyarakat bahwa ini kondisi nyang tidak bisa dihindari, tapi harus memiliki semangat hidup sebagai obat agar sehat dan tetap berkreafitas maupun beraktifitas.

Sejalan dengan itu sebelum melaksanakan KKN, peserta diberikan pembekalan apa yang harus dilakukan dalam pengabdian masyarakat sesuai konsentrasi ilmu yang didapat di bangku kuliah. Tetap mampu berprestasi dan membangun bangsa di tengah pandemi COVID-19.

Hal tersebut mendasari KKN tetap dilaksanakan meskipun dalam kondisi apapun, seperti kondisi luar biasa pandemi COVID-19 saat ini. Hanya saja tidak bisa seperti cara biasa yang turun lapangan, sehingga dilaksanakan dengan kondisi luar biasa secara daring.

Selain itu KKN merupakan tahapan menuju sarjana. “Karena menjadi tahapan sehingga tidak boleh tidak dilaksanakan. Dalam kondisi COVID-19 pun tetap dilakukan hanya pola berbeda dengan konsep baru secara daring untuk menghindari resiko penularan,” katanya

Disisi lain Masjaya menilai pandemi COVID-19 merupakan ujian bagi rektor dan para dosen. Bagaimana tetap mampu eksis dengan pembatasan terjadinya pertemuan dan kontak fisik antar orang. “Makanya KKN KLB bentuk eksistensi Unmul tetap melaksanakan tugasnya dimasa pandemi,” tukasnya.

Sementara Ketua PL2M Unmul Samarinda, Anton Rahmadi mengaku dalam pelaksanaan KKN KLB diprirotaskan bagi desa dan kelurahan yang memiliki akses internet bagus. Sebagai persiapan dia mengaku sudah turun lapangan untuk cek signal 462 desa dan keluarahan terdaftar sebagai lokasi KKN online.

“Mudahan pelaksanaannya efektif karena dipilih desa dan kelurahan yang signalnya kuat. Sebanyak 50 persen lebih sudah kita kroscek. Sisanya kita akan koordinasikan dengan dengan PT Telkomsel sebagai provider penyedia bantuan paket data peserta KKN KLB,” katanya.

Tantangannya komunikasi secara daring dengan kepala desa dan lurah. Namun dia sudah melakukan diskusi secara sampel dan hasilnya dari beberapa sampel bukan hanya perangkat desa, tapi masyarakat juga sudah membiasakan komunikasi secara daring.

Pembekalan sendiri dimoderatori Wakil Rektor I Unmul Samarinda Profesor Mustofa Agung dengan menghadirkan pembicara Kepala DPMPD Kaltim Dr Moh Jauhar Efendi dan Direktur Belmawa Kemendikbud RI Profesor Aris Junaidi.

Pembekalan peserta KKN diikuti lebih 300 peserta dan disiarkan secara langsung melalui channel youtube untuk mengakomodir peserta KKN yang tidak terakomodir melalui aplikasi zoom meeting.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023