KKN UNMUL: fokus pada Manfaat Masyarakat dan Pengembangan Mahasiswa

icon - In Berita By PRANATA HUMAS DPM PEMDES KALTIM    icon 101

KKN UNMUL: fokus pada Manfaat Masyarakat dan Pengembangan Mahasiswa

 

Sabtu (6/7/2024) – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Kalimantan Timur mewakili Gubernur Kalimantah Timur menghadiri acara pelepasan dan serah terima mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan-50 di Lapangan Gor 27 September Universitas Mulawarman. Acara ini diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Unmul.

 

Dalam acara tersebut, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Kaltim membacakan sambutan dari Gubernur Kaltim yang menekankan pentingnya peran mahasiswa dalam pembangunan daerah. Rektor Unmul juga menyampaikan sambutan resmi serta secara simbolis melepaskan 3.170 mahasiswa KKN Unmul yang akan disebar di seluruh Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur.

 

KKN Unmul Angkatan-50 ini dijadwalkan berlangsung mulai tanggal 8 Juli hingga 22 Agustus 2024, dengan fokus pada pengembangan smart village melalui inklusi sosial, ekonomi, dan lingkungan. Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima antara Rektor Unmul dan Pemerintah Provinsi Kaltim, yang menandakan komitmen bersama dalam mendukung program ini.

 

Puncak acara terjadi saat Rektor Unmul dan Sekretaris DPM Pemdes Eka Kurniati, melakukan kunjungan ke lokasi-lokasi KKN yang tersebar di 10 Kabupaten/Kota. Di setiap lokasi, dilakukan serah terima secara simbolis kepada perwakilan mahasiswa yang akan menjalankan program KKN.

 

Sebagai simbolis pelepasan, dilakukan juga pelepasan burung merpati yang melambangkan kebebasan dan harapan untuk kontribusi positif mahasiswa KKN terhadap masyarakat setempat. Acara ditutup dengan harapan bahwa KKN Unmul Angkatan-50 dapat memberikan kontribusi signifikan dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di Kalimantan Timur melalui pembangunan smart village yang inklusif.

 

Dengan demikian, acara serah terima ini tidak hanya menjadi awal perjalanan bagi mahasiswa KKN Unmul, tetapi juga momentum penting dalam upaya bersama menciptakan masyarakat yang lebih baik dan berkelanjutan di Kalimantan Timur.