Kodim 0912/Kutai Barat Bangun Jembatan Sementara Desa Kelian Dalam
30 Desember 2019 Admin Website Berita 1816
Kodim 0912/Kutai Barat Bangun Jembatan Sementara Desa Kelian Dalam

KUTAI BARAT – Komando Distrik Militer (Kodim) 0912/Kutai Barat membangun jembatan sementara pengganti Jembatan Sungai Kelian di Desa Kelian Dalam, Kecamatan Tering, Kabupaten Kutai Barat (Kubar).

Anggota Kodim bersama masyarakat membuat jembatan sementara untuk menghubungkan akses transportasi dan pendorongan logistik Kabupaten Kutai barat – Kabupaten Mahakam Ulu yang sempat terputus akibat Jembatan Sungai Kelian ambruk pada Sabtu, 21 Desember 2019.

“Dengan terbangunnya kembali jembatan tersebut diharapkan arus transportasi mudik Natal dan tahun baru masyarakat Mahakam Ulu serta jalur logistik dapat berjalan dengan lancar,” kata Dandim 0912/Kutai Barat Letkol Inf Anang Sofyan Effendy melalui rilis yang disampaikan Penerangan Korem 091/ASN, Senin (30/12).

Menurutnya, arus mudik – balik Natal dan tahun baru (Nataru) sedang ramai, sehingga keberadaan jembatan tersebut sangat dibutuhkan.

Berdasarkan pantauan lapangan Dandim, jalan penghubung dua kabupaten yang berdekatan dengan Negara tetangga Malaysia ini telah terpasang berupa hamparan tujuh kayu bulat berukuran besar. Letak jembatan berada di RT 3 Kampung Kelian Dalam Kecamatan Tering, Kabupaten Kutai Barat.

Dia menyebut sejumlah anggota dan masyarakat bergotong royong memperbaiki jembatan. Nampak satu unit alat berat ekskavator diturunkan untuk mendorong batang kayu utuh/kayu log ke tengah sungai.

Meski sifatnya masih darurat, keberadaan jembatan sementara tersebut setidaknya menjadi akses penghubung warga.

“Dengan terbangunnya kembali jembatan tersebut diharapkan arus transportasi mudik Natal dan tahun baru Mahakam Ulu serta jalur logistik kembali berjalan lancar,” harapnya.

Untuk diketahui, pada Jembatan Sungai Kelian pada Sabtu, 21 Desember 2019 runtuh. Berdasarkan informasi warga setempat 6 unit mobil membawa barang ekspedisi logistik ke daerah Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahulu melewati jembatan tersebut.

Setibanya di jembatan 3 mobil membawa barang ekspedisi lolos melewati jembatan dan saat mobil ke 4 mau melewati jembatan tersebut tiba -tiba jembatan runtuh/putus sehingga ke 3 mobil berikutnya tidak bisa melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Mahulu.(DPMPD Kaltim/Penrem091ASN/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online 1
Pengunjung Hari Ini 119
Halaman Dikunjungi Hari Ini 786
Total Pengunjung 117333
Total Halaman Dikunjungi 993621
Government Public Relation

Jl. MT Haryono - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 993621
Bulan ini : 44109
Hari ini : 787

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021