Komisoner KIP Kaltim Visitasi Kepatuhan Keterbukaan Informasi Publik
06 Desember 2022 Arif Maulana Berita 269
Komisoner KIP Kaltim Visitasi Kepatuhan Keterbukaan Informasi Publik

SAMARINDA – Komisoner Komisi Informasi Provinsi (KIP) Kaltim Indra Zakaria beserta tim dari Diskominfo Kaltim melakukan visitasi penilaian kepatuhan keterbukaan informasi publik ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, Selasa (6/12/2022).

 

Dikatakan Indra Zakaria secara umum hasil evaluasi kepatuhan badan publik terhadap keterbukaan informasi publik di DPMPD cukup baik. “Tidak ada hal yang harus diperbaiki. Apalagi dinas ini sudah lama bekerjasama dengan KIP,” katanya.

 

DPMPD sendiri menjadi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Kaltim terakhir yang dilakukan visitasi lapangan. Terdapat lima OPD dari total 45 OPD lingkup Kaltim yang dilakukan visitasi untuk melengkapi penilaian menetapkan rangking.

 

Adapun lima OPD yang dilakukan visitasi oleh KIP dan tim dari Diskominfo Kaltim Disbun Kaltim, Bapenda Kaltim, BPKAD, dan Dispora Kaltim.

 

Disisi lain komisioner yang berlatar belakang jurnalis ini menyebut kedepana akan bekerjasama dengan DPMPD Kaltim dalam hal monitoring dan evaluasi kepatuhan keterbukaan Informasi publik ke desa-desa di Kaltim.

 

“Jika DPMPD turun lapangan monev ke desa. Kita akan ikut. Monev terkait keterbukaan informasi publik,” akunya.

 

Kepala DPMPD Kaltim Anwar Sanusi yang menerima kunjungan mengapresiasi kedatangan tim penilai. Dia berharap hasil visitasi menjadi dasar menetapkan badan publik terbaik implementasi keterbukaan Informasi publik lingkup Kaltim.

 

“Transfaransi menjadi suatu hal wajib dilakukan badan publik. Pemenuhan Informasi jagan sampai ditunda. Kalau ada yang meminta segera dipenuhi,” katanya.

 

Bagi DPMPD, aku dia, tidak ada Informasi yang dirahasiakan. Semua boleh tahu dan sudah dibuka diinformasikan melalui website resmi DPMPD Kaltim.

 

Dia mengaku kedepan akan mendukung keterbukaan Informasi hingga ke desa-desa. DPMPD sudah memprogramkan one village one laptop atau satu desa satu laptop.

 

Pelaksanaannya bekerjasama dengan DPRD dari sisi anggaran melalui dana pokok-pokok fikiran anggota dewan dan dengan Kominfo terkait pemenuhan keterediaan jaringan maupun VSAT nya.(DPMPD Kaltim/arf)

 


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online 2
Pengunjung Hari Ini 380
Halaman Dikunjungi Hari Ini 1289
Total Pengunjung 182909
Total Halaman Dikunjungi 1650475
Government Public Relation

Jl. MT Haryono - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1650475
Bulan ini : 27742
Hari ini : 1290

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021