Komitmen Pimpinan Faktor Keberhasilan Berau Bangun Desa
09 Januari 2020 Admin Website Berita 2130
Komitmen Pimpinan Faktor Keberhasilan Berau Bangun Desa

SAMARINDA – Kabupaten Berau kembali meraih panji keberhasilan pembangunan bidang pemberdayaan masyarakat dan penyelenggaraan pemerintahan desa/kampung dalam rangka peringatan HUT ke 63 Pemprov Kaltim.

Keberhasilan ini menghantarkan Berau empat kali berutut-turut didaulat terbaik melaksanakan pembangunan bidang pemberdayaan masyarakat dan penyelenggaraan pemerintahan desa/kampung.

Panji keberhasilan pembangunan bidang pemberdayaan masyarakat dan penyelenggaraan pemerintahan desa/kampung diserahkan kepada Bupati Berau, Muharram oleh Gubernur Kaltim, Isran Noor saat menjadi Irup Upacara Peringatan HUT ke 63 Pemprov Kaltim, di Stadion Madya Sempaja Samarinda, Kamis (9/1).

Dikatakan Bupati Muharram, keberhasilannya menjadi terbaik empat tahun berturut-turut tidak lain didasari komitmen Kepala Daerah memberikan perhatian terhadap pembangunan kampung.

“Keseriusan mengalokasikan anggaran untuk desa Rp2 milyar  - Rp5 milyar perdesa. Dana Alokasi Dana desa (ADK) dikirm ke daerah dengan besaran yang selalu konsisten baik APBD turun maupun naik,” yakinnya.

Bahkan dia mengaku ADK Berau terbilang yang terbesar jika dibandikngan kabupaten lain se Kaltim. Sebab dia berkeyakinan komitmen ini menjadi bagian menyelesaikan masalah pembangunan desa.

Setelah ditetapkan besaran ADK, juga perlu dikawal dengan Peraturan Bupati. Intinya mengatur teknis penggunaan ADK yang diarahkan dpenggunaannya untuk menyelesaikan segala permasalahan di desa.

Kemiskinan, pencipataan lapangan kerja, serta pendidikan baik guru, ustad, ulama, pastur semua dapat perhatian dari ADK agar berkembang.

“Karenanya jangan heran dulu 80 persen status desa Berau tertinggal dan sangat tertinggal pada 2016. Sekarangb terus membaik hanya tinggal 19 persen desa tertinggal. Sangat tertinggal sudah tidak ada. Selebihnya hanya berkembang, maju, dan mandiri,” yakinnya.

Selain itu, Pemkab Berau juga mengangkat pendamping desa berupa sarjana lokal pendamping desa.  Maksudnya untuk membantu perangkat desa yang kapasitasnya cenderung terbatas agar memaksimalkan potensi pembangun desa.

Terakhir, peran DPMPK beserta camat dan apartur melakukan evaluasi ndan pengawasan secara terus menerus sehingga pembanguna desa dan penyelenggaraan pemerintahan desa biusa terwujud dengan baik.

“Makanya Berau selalu juara. Tidak hanya di Kaltim, tapi juga nasional. Bahkan saya pernah diundang berbicara didepan perwakilan bupupati se Indonesia untuk berbicara bagaimana peran pembinaan dan pembangunan desa,” sebutnya.

Untuk diketahui pada HUT ke 63 Pemprov Kaltim, Kabupaten Berau menempati peringkat kedua periah panji keberhasilan pembangunan terbanyak setelah Balikpapan. Jumlahnya pun bertambah dari tahun 2019 yang hanya 8 panji keberhasilan pembangunan.

Selain meraih panji keberhasilan pembangunan bidang pemberdayaan masyarakat dan penyelenggaraan pemerintahan desa/kampung Berau juga mendapat panji keberhasilan bidang pariwisata kategori kabupaten, penaggulangan kemiskinan, pembangunana tanaman pangan, kelautan perikanan, kehutanan, serta pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak kategori kabupaten.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023