KPM se Kecamatan Linggang Bigung Dibekali Aplikasi EHDW dan EDMC 19
03 September 2020 Admin Website Berita 1777
KPM se Kecamatan Linggang Bigung Dibekali Aplikasi EHDW dan EDMC 19

KUBAR -- Kader Pembangunan Manusia (KPM) se Kecamatan Linggang Bigung, Kabupaten Kutai Barat diberikan pembekalan pelatihan aplikasi EHDW dan aplikasi EDMC 19, di Lamin Linggang Bigung Kampung Linggang Bigung, Kabupaten Kutai Barat, Rabu (3/9).

Pelatihan diikuti 27 orang peserta yang berasal dari 11 kampung se Kecamatan Linggang Bigung Kabupaten Kutai Barat. Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Pos Polisi (Kapospol), Kepala Puskemas, Koramil dan seluruh Petinggi se Kecamatan Linggang Bigung.

Dikatakan Kasi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Pembangunan (PEMP) Kecamatan Linggang Bigung, Timoetius Dioni pelatihan bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan bagi KPM dan Operator eDMC dalam melakukan pendampingan stunting dan pendataan kegiatan di kampung.

“Sebelumnya KPM yang ada di setiap kampung hanya melakukan pendataan secara manual. Namun pasca kegiatan rapat kordinasi nasional di Jakarta pada November 2019 yang diikuti seluruh tenaga ahli pelayanan sosial dasar (PSD) melakukan, tercetus aplikasi, dan pada maret 2020 lalu aplikasi yang diperuntutkan untuk KPM Desa tersebut di rilis dan telah di gunakan oleh KPM di seluruh Indonesia,”katan Timoetius yang juga panitia kegiatan.

Sementara Narasumber Pelatihan, Indah Warastuti mengatakan aplikasi ini sangat membantu dan memudahkan KPM, kampung, dan pemerintah karena ini sifatnya update dan langsung diketahui Dasbor kabupaten hingga pemerintah pusat.

Indah, sapaan akrabnya yang juga tenaga ahli pelayanan sosial dasar Kutai Barat ini sangat mendukung dengan adanya aplikasi EHDW ini.

“Salah satu sasaran dari aplikasi ini dan KPM Desa ialah melakukan pendataan untuk 1000 hari pertama kehidupan dalam hal proses penurunan dan pencegahan stunting,” katanya.

Sementara KPM Kampung Tutung Kecamatan Linggang Bigung Wiwi Andayani mengaku sangat antusias mengikuti pelatihan, dan menilai pelatihan tersebut berjalan sukses dan lancar.

“Saya selaku kader merasa nyaman dan mudah dalam mempelajari aplikasi ini, apa lagi kita di bimbing langsung dalam penggunaan aplikasi itu sendiri,” ungkapnya.(DPMPD Kaltim/bagus/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online 2
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 136237
Total Halaman Dikunjungi 1200781
Government Public Relation

Jl. MT Haryono - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1200781
Bulan ini : 9678
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021