Kukar Lokasi Terakhir Pelaksanaan PbMAD 2020
01 Desember 2020 Admin Website Berita 6452
Kukar Lokasi Terakhir Pelaksanaan PbMAD 2020

TENGGARONG - Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menjadi lokasi terakhir pelaksanaan Peningkatan Kapasitas Penyelenggaraan Pemerintahan Desa melalui Pembelajaran Mandiri Aparatur Desa (PbMAD) tahun 2020. 

PbMAD di Kukar diikuti sebanyak delapan orang peserta dengan pembagian dua orang perwakilan setiap desa dari empat desa sasaran program di Kabupaten Kukar tahun 2020.

Pesertanya terdiri dari kepala desa atau perangkat desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) perwakilan Desa Pela Kecamatan Kota Bangun, Desa Menamang Kanan Kecamatan Muara Kaman, Desa Handil Terusan Kecamatan Anggana, dan Desa Sidomulyo Kecamatan Anggana. 

"Kukar menjadi puncak pelaksanaan setelah sebelumnya kita laksanakan dengan pola sama. Sistem jemput bola di Kabupaten Paser, Kutai Timur, Berau, dan Kutai Barat, " sebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim melalui Kabid Pemdeskel Kasmawati saat membuka PbMAD, di Ruang Pertemuan Kantor DPMD Kukar, Selasa (1/12).

Menurut Kasma, PbMAD merupakan kelanjutan pelaksanaan pelatihan peningkatan kapasitas kepala desa dan BPD yang telah dilaksanakan awal Maret 2020.

Hanya saja pelatihan saat itu terpaksa diakhiri karena ada kebijakan larangan berkumpul atau kerumunan saat awal pandemi COVID-19. 

Bedanya kegiatan saat itu dilaksanakan dengan mengumpulkan seluruh peserta di Samarinda, saat ini harus dengan sistem jemput bola ke kabupaten sasaran. 

Dan materi yang disampaikan lebih singkat karena hanya dalam satu hari pelaksanaan, tidak seperti rencana kegiatan awal yang dilaksanakan dalam 30 jam pembelajaran. 

Adapun materi yang disajikan penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes), pengelolaan keuangan, peraturan desa, dan diakhiri kesepakatan bersama berupa menetapkan rencana kerja tindakan lanjut (RKTL) apa langkah yang akan dilakukan untuk meningkatkan kinerja pembangunan desa untuk meningkatkan Indeks Desa Membangun (IDM) desa. 

"Saya berharap pelatihan dapat meningkatkan kapasitas kepala desa dan BPD agar kedepan semakin meningkat kapasitasnya, diantaranya kualitas perencana pembangunan desa yang menjadi tolok ukur kualitas pembangunan desa, " katanya. 

Sedangkan pelaksanaan PbMAD hanya terlaksana di lima kabupaten dari tujuh kabupaten se Kaltim minus Kabupaten Mahakam Ulu yang terkendala pembatasan keluar masuk orang ke daerah tersebut dan Penajam Paser Utara yang sudah tidak ada desa berstatus sangat tertinggal dan tertinggal yang menjadi target pelaksanaan program.

Nampak hadir saat itu para kepala seksi terkait lingkup DPMPD Kaltim, yakni Vincentius Samadi Ponco Putro, Dakwan Diny, Abdul Rivai, Nazly, dan Siti Qomariah. 

Termasuk dari DPMD Kukar Kasi Pengembangan Kapasitas Aparatur dan Perkembangan Desa Syafliansyah dan dari Tenaga Ahli P3MD Kukar Abu Sujak. (DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023