Kukar Pertama Selenggarakan BID Kaltim

icon - In Berita By Admin Website    icon 6839

Kukar Pertama Selenggarakan BID Kaltim

KUKAR – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menjadi daerah pertama di Kaltim melaksanakan Bursa Inovasi Desa (BID) 2019. BID Kukar dilaksanakan untuk 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Kenohan, Kecamatan Kembang Janggut, dan Kecamatan Tabang.

BID Kukar dilaksanakan, di Aula SMA Negeri 1 Kembang Janggut. Dibuka secara resmi Kepala DPMPD Kaltim melalui Sekretaris DPMPD Kaltim, Surono, Senin (8/7).

Bursa Inovasi Desa 2019 berlangsung sangat meriah dengan dihadiri oleh unsur tokoh masyarakat dan perangkat Desa dari tiga kecamatan tersebut.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, doa bersama, suguhan tarian dari Kecamatan Kembang Janggut, Menyanyikan lagu Daerah, menyaksikan video singkat, sambutan dari Ketua Panitia, Sambutan dari Camat Kenohan mewakili 3 Kecamatan yang melaksanakan kegiatan Bursa Inovasi Desa.

Kemudian dilanjutkan dengan masing - masing perangkat Desa dari masing - masing Kecamatan melakukan tour pada kegiatan - kegiatan yang sudah dilaksanakan pada daerah lain.

Sekretaris DPMPD Kaltim, Surono mengatakan, apabila memiliki kecocokan untuk dilaksanakan dengan kesesuaian sumber daya manusia dan juga sumber daya alam maka dapat dimasukan kedalam program kegiatan di Desa dan dapat di usulkan pada Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun 2019 agar masing - masing Desa memiliki potensi yang dapat diciptakan dan dirasakan oleh seluruh masyarakat di Desa tersebut.

Dikatakan Surono bahwa ini merupakan ajang untuk memberikan paparan tentang program - program apa yang sudah berhasil dilaksanakan di daerah lain dan dapat diduplikasi serta diterapkan oleh masing - masing Desa yang ada di 3 Kecamatan tersebut.

“Warga bersama para Tenaga Pendamping Profesional (TPP) baik Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa yang bertugas di 3 kecamatan tergabung di dalam TPID (Tim Program Inovasi Desa) ini ikut berpartisipasi langsung demi terselenggarannya acara ini,” katanya.

Mereka bahkan mengaku sudah bolak - balik ke Kecamatan Kembang Janggut ini sudah dari hari Jumat (5/7) hingga Minggu (7/7) malam tadi. Diakhiri gladi bersih pada pukul 23.00 Wita.

Heru Kristanto Pendamping Desa Pemberdayaan Kecamatan Kenohan menambahkan, demi suksesnya Bursa Inovasi Desa ini pemikiran, ide – ide, dan konsep acara dari berbagai masukan disatukan agar acara berjalan dengan lancar.

“Diharapkan semua program - program yang ingin diusulkan masing - masing Desa, benar - benar dapat dipersiapkan dan di rencanakan secara matang agar dapat dilaksanakan dan memberikan manfaat bagi masyarakat Desa itu sendiri. (DPMPD Kaltim/AMF/arf)