Kukar wakili Kaltim dalam Forum Jejaring Desa se Asean
Kukar wakili Kaltim dalam Forum Jejaring Desa se Asean

 

Jogjakarta. Selasa, (25/7/2023) berlangsung agenda Back to back meeting SOMRDPE (Senior Official Meeting on Rural Development and Poverty Eradication) Indonesia Tahun 2023. Ada tiga agenda pada kegiatan tersebut, ASEAN Collaborative Forum on Localizing 2030 SDGs in the Village (Forum Kolaborasi Pelokalan SDGs di tingkat Desa), The 1st ASEAN Village Network Meeting (Pertemuan pertama Jejaring Desa Asean), dan ASEAN Rural Culture Expo in the Framework of ASEAN Identity (Pameran Budaya Pedesaan Asean dalam kerangka Identitas Asean).

 

Kegiatan yang diampu oleh Kementerian Desa PDTT RI tersebut akan berlangsung 24 hingga 27 Juli mendatang dalam rangka memperkuat kolaborasi antar negara-negara ASEAN dalam percepatan pembangunan Desa dan Pengentasan kemiskinan. Hadir pada kegiatan dimaksud dari negara Malaysia, Filipina, Kamboja, Timur Leste, Thailand, dan Myanmar, Menteri Desa dan PDTT RI, Australian Deputy Ambassador to Asean, DPMPD Provinsi dan Kabupaten/Kota, Direktur Bank Pembangunan Daerah seluruh Indonesia serta Kepala Desa pemenang Jejaring Desa Asean Indonesia.

 

Hadir mewakili kepala dinas, Eka Kurniati dan perwakilan Kalimantan Timur peraih One Village One Product yakni dari Desa Muara Badak Ulu Kabupaten Kutai Kartanegara. Produk yang dibawakan adalah limbah daun kelapa sawit yang diolah menjadi lidi dan minyak kelapa sawit.  

 

“Asean Village Network ini fokus dalam 3 hal, yaitu desa wisata, desa digital dan desa OVOP (one village one product), dan salah satunya adalah dari Muara Badak Ulu berkolaborasi dengan BUMDES termasuk dalam kategori OVOP, yang produknya sudah diekspor dari tahun lalu, yaitu lidi dari daun kelapa sawit” ujar Eka.

 

Eka menambahkan bahwa selain fokus Asean Village Network, giat pertemuan tersebut juga membahas pelokalan SDGs Desa yang menjadi prioritas utama dalam mendukung keberlanjutan pembangunan desa. SDGs desa disebut menjadi solusi dalam menerapkan pembangunan berkelanjutan secara nyata di lapangan.

 

 

 

 


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 51 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023