Lomba BUMDes Bagian Strategi Pencapaian Misi Berdaulat Ekonomi Kerakyatan
18 Juni 2019 Admin Website Berita 2826
Lomba BUMDes Bagian Strategi Pencapaian Misi Berdaulat Ekonomi Kerakyatan

SAMARINDA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim menggagas pelaksanaan lomba atau penilaian Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) berprestasi tingkat Provinsi Kaltim Kaltim.

Lomba yang baru kali pertama dihelat tersebut disebut merupakan bagian dari strategi pencapaian misi berdualat ekonomi kerakyaratan atau Misi kedua pembangunan Kaltim, yakni “Berdaulat Dalam Pemberdayaan Ekonomi Wilayah dan Ekonomi Kerakyatan yang Berkeadilan”.

“Pembinaan BUMDes merupakan bagian rencana strategis DPMPD dalam mewujudkan Visi Misi Pembangunan Kalimantan Timur Berdulat, khususnya terkait kedaulatan ekonomi kerakyatan,” ujar Kabid Usaha Ekonomi Masyarakat,SDA, dan Teknologi Tepat Guna (UEM, SDA, dan TTG) DPMPD Kaltim, Rusniati yang diamini Kasi UEM Muriyanto, Selasa (18/6)

Dia menilai dengan lomba diharap dapat meningkatkan peran pembinaan BUMDes. Dengan melakukan penilaian dia mengaku dapat melihat perkembanagn BUMDes di 841 desa se Kaltim.

Gilirannya diharap dapat memotivasi pengelola BUMDes berlomba memajukan usaha ekonomi kerakyatan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa masing-masing. Maksudnya, jika desa sudah membentuk BUMDes diharap meningkatkan kualitas pengelolaannya dan yang belum membentuk termotivasi untuk segera membentuk.

Menurutnya, ketika pengelolaan BUMDesnya baik maka akan diikuti kemajuan perekonomian di desa. “BUMDes ini merupakan wadah bagi masyarakat berpartisipasi menggerakan ekonomi di desa,” sebutnya.

Terkait lomba sendiri, DPMPD diakui sudah menggelar rapat persiapan pelaksanaannya. Bila tidak ada aral, lomba akan dimulai 1-8 Juli 2019 dengan didahului tahapan penerimaan berkas dari 7 kabupaten se Kaltim.

Kemudian dilanjutkan tahapan penilaian tim pada 15-19 Juli 2019 untuk menetapkan tiga besar BUMDes terbaik.

“Setelah itu dilanjutkan visitasi atau kunjungan lapangan melihat langsung tiga BUMDes dimaksud untuk menetapkan terbaik satu sampai tiga tingkat Provinsi Kaltim. Jadwalnya sekitar 22-26 Juli 2019,”  dan kunjungan

Lomba BUMDes sendiri dibagi dalam dua kategori, yakni BUMDes terbaik pengelolaan keuangan dan asset dan BUMDes inovatif.

“Pemenang akan diganjar penghargaan berupa sertifikat dan uang pembinaan. Termasuk akan diikutkan festival BUMDes nusantara yang diselenggarakan Kemendes PDTT,” ucapnya.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023