Manfaatkan Rakor Sampaikan Informasi Kondisi Pembangunan Desa dan Kelurahan di Kaltim
23 April 2018 Admin Website Berita 6563
Manfaatkan Rakor Sampaikan Informasi Kondisi Pembangunan Desa dan Kelurahan di Kaltim

SAMARINDA – Rencana perhelatan Rapat Koordinasi (Rakor) Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota se Kaltim diharap dimaknai segenap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk memaksimalkan peran dalam melaksanakan program/kegiatan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Silahkan manfaatkan rakor untuk menyampaikan informasi terkait kondisi pembangunan desa dan kelurahan di seluruh wilayah Kaltim. Informasi yang akurat menjadi dasar kita menetapkan sasaran pembangunan bidang pemberdayaan dan pemerintahan desa yang tepat guna dan tepat sasaran,” sebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD), Moh Jauhar Efendi saat memimpin apel pagi, di Halaman Kantor DPMPD Kaltim, Senin (23/4).

Karenanya, ia berharap pejabat jajaran DPMPD memanfaatan program monitoring dan evaluasi (monev) pelaksanaan pembangunan bidang pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa yang telah dilaksanakan untuk benar-benar menggali informasi terkait kebutuhan pembangunan.

Termasuk melihat kondisi rill di lapangan sebagai bahan evaluasi capaian pembangunan yang telah dilaksanakan.

“Laksanakan dengan baik monev. Jangan sampai hanya sekedar melaksanakan dan sudah begitu saja. Informasi yang diperoleh hasil monev menjadi catatan. Melalui rakor seperti inilah disampaikan hasil monevnya untuk menjadi acuan perencanaan pembangunan kedepan,” katanya.

Menurutnya, ini penting karena peran DPMPD dinilai belum maksimal mengurangi angka kemiskinan yang menjadi tujuan akhir pelaksanaan pembangunan bidang pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa.

Kondisinya angka kemiskinan dan pengangguran Kaltim belum menunjukan penurunan signifikan dari tahun ke tahun.

“Jika angka kemiskinan masih tinggi artinya kita belum berhasil. Meskipun DPMPD bukan satu-satunya OPD yang bertanggung jawab,” ujarnya.

Sejalan dengan itu, ia berharap DPMPD dapat meningkatkan perannya menekan angka kemiskinan di wilayah masing-masing. “Itu gongnya. Kalau angka kemiskinan berhasil ditekan, maka berhasil tugas kita,” tandasnya.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023