Marathon, DPMPD Agendakan Tingkatkan Kapasitas Masyarakat Desa Tiga Kabupaten
01 Maret 2020 Admin Website Berita 6554
Marathon, DPMPD Agendakan Tingkatkan Kapasitas Masyarakat Desa Tiga Kabupaten

SAMARINDA -- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim melalui Bidang Pemberdayaan Kelembagaan dan Sosbudmasy mengagendakan program peningkatan kapasitas masyarakat secara marathon di tiga kabupaten Kaltim. 

Kegiatan diawali Pelatihan Peningkatan Kapasitas Bagi Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) Tentang Teknik Perencanaan, Pelaksanaan Pembangunan dan Pengelolaan Administrasi Desa Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2020 Wilayah Kutai Kartanegara.

"Kegiatan akan dipusatkan di Balai Desa Liang Ulu, Kecamatan Kotabangun pada 2 Maret 2020," ujar Kepala DPMPD Kaltim melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Kelembagaan dan Sosbudmasy, Isnaini Trikorawati, Sabtu (1/2). 

Melalui kegiatan pelatihan dia berharap dapat meningkatnya pemahaman dan kemampuan  KPMD melakukan pendampingan di Desa, adanya kesepahaman antara Aparatur Desa dan Pendamping Profesional Desa tentang KPMD yang merupakan bagian dari pendampingan yang ada di Desa sesuai UU Desa. 

Kemudian disepakatinya komitmen bersama antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk mewujudkan target peningkatan status Desa, disepakatinya komitmen bersama antara Provinsi,Kabupaten,Kecamatan dan Desa untuk membentuk KPMD di setiap Desa sesuai petunjuk yang ada, serta disepakatinya komitmen bersama antara pemerintah Provinsi dan Kabupaten untuk membentuk Forum Komunikasi Kader Pemberdayaan Masyarakat di Tingkat Kabupaten.

Kegiatan kemudian dilanjutkan pelatihan peningkatan kapasitas bagi masyarakat tentang konvergensi percepatan pencegahan stunting Provinsi Kaltim untuk wilayah Kabupaten Kutai Barat 2020. 

Rencananya dilaksanakan, di Kecamatan Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat, pada 3 Maret 2020. "Infonya Pak Wakil Bupati Kubar yang akan membuka kegiatan. Semoga tidak ada perubahan," sebutnya.

Kegiatan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat dan pemerintahan desa dalam penanganan dan pencegahan masalah stunting di tingkat Desa.

Dari situ rombongan akan bergerak ke Kabupaten Mahakam Ulu untuk melaksanakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Masyarakat Tentang Pengembangan Potensi Ekonomi Desa Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2020 Wilayah Kabupaten Mahakam Ulu.

"Kegiatan akan dilaksanakan di Kantor Ruang Serbaguna Kantor Camat Long Hubung, 5 Maret 2020," sebutnya.

Tujuan dilaksanakan kegiatan sebagai media penyebaran informasi dan sharing tentang stategi pengembangan potensi Desa dan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kelompok masyarakat, untuk dapat memanfaatkan potensi yang ada secara kreatif, inovatif, efektif, efisien, berkualitas dan ramah lingkungan.

"Ini merupakan program prioritas yang ditetapkan dalam RPJMD Kaltim 2019-2023 meningkatkan status IDM 150 desa dari 518 desa sangat tertinggal dan tertingg menjadi berkembang," katanya.

Termasuk pelaksanaan kebijakan nasional terkait Strategi Penanganan Stunting Nasional dan menyiapkan SDM unggul menyongsong pemindahan Ibu Kota Negara (IKN).(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023