Masjid Al Husna DPMPD Selenggarakan Shalat Gerhana Matahari Berjamaah
26 Desember 2019 Admin Website Berita 7339
Masjid Al Husna DPMPD Selenggarakan Shalat Gerhana Matahari Berjamaah

SAMARINDA – Masjid Al Husna Komplek Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim menyelenggarakan Shalat Kusuf atau Shalat Gerhana Matahari, Kamis (26/12) siang. Shalat Gerhana dipimpin Ustad Irian Noor diikuti segenap jajaran pegawai DPMPD, masyarakat sekitar kantor, termasuk Kepala Pengadilan Tinggi Agama Kaltim, A. Choiri.

Dikatakan Kepala DPMPD Kaltim, Moh Jauhar Efendi bahwa pelaksanaan Shalat Gerhana Matahari merupakan inisiatif Takmir Masjid Al Husna yang ingin memakmurkan masjid. Tentunya melaksanakan Sunnah Nabi Muhammad SAW yang menganjurkan melaksanakan Shalat Gerhana secara berjamaah ketika terjadi gerhana.

“Terus terang kita bersyukur takmir masjid aktif mengagendakan kegiatan keagamaan dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan. Shalat Gerhana Matahari ini salah satunya yang sengaja dipersiapkan untuk dilaksanakan. Dan kebetulan Menteri Agama membuat surat edaran agar ummat muslim melaksanakannya,” ucap Jauhar ketika dikonfirmasi.

Sebelumnya, agenda rutin pengajian mingguan pun sengaja diisi dengan ceramah agama terkait tatacara dan keutamaan Shalat Gerhana. Ini sebagai persiapan akan dilaksanakannya pelaksanaan Shalat Gerhana Matahari berjamaah di Masjid Al Husna.

Dia berharap Shalat Gerhana Matahari dapat menjadi momentum untuk mengingat kebesaran ALLAH SWT dengan memperbanyak istigfar, tasbih, tahmid, dan takbir. Sebab fenomena alam tersebut kata dia, membuktikan kebesaran ALLAH SWT yang nyata.

Pun demikian ceramah agama yang disampaikan Ustad Irian Noor. Dia menyebut gerhana merupakan fenomena alam yang tidak ada kaitannya dengan kelahiran manusia agung, maupun kematian seseorang. Melainkan merupakan fenomena alam yang terjadi atas kekuasaan dan kebesaraan ALLAH SWT.

“Itu sebabnya dianjurkan Shalat Gerhana untuk mengagungkan kebesaran ALLAH SW dimaksud. Kita diminta banyak memohon ampun dan berdoa untuk kebaikan,” sebutnya.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023