Masyarakat Kaltim Diajak Teladani Sifat Rasulullah Cinta Damai
15 November 2019 Admin Website Berita 6441
Masyarakat Kaltim Diajak Teladani Sifat Rasulullah Cinta Damai

SAMARINDA -- Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1441 Hijriah hendaknya menjadi momentum meneladani sifat Rasulullah yang senantiasa cinta damai. Masyarakat harus mampu menjaga keamanan dan ketertiban dalam beragama dan bermasyarakat demi kokohnya persatuan dan kesatuan.

"Rasulullah cinta damai. Perjuangan beliau diharap memotivasi masyarakat Kaltim. Membangun Kaltim lebih maju, berdulat dan sejahtera menjadi Ibu Kota Negara (IKN) menjadi pengganti Jakarta," ujar Gubernur Kaltim, Isran Noor dalam sambutan tertulis yang disampaikan Asisten Administrasi Umum Sekprov Kaltim, Fathul Halim saat menghadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 Hijriah, di Masjid Baitul Muttaqien Islamic Center Kaltim, Jumat (15/11).

Menurutnya, modal utama Kaltim sebagai calon lokasi pemindahan IKN adalah keamanan dan ketertiban masyarakat. Karenya semua diajak ikut berpartisipasi menyukseskan pemindahan IKN ke Kaltim dengan ikut menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dengan meneladani Nabi Muhammad SAW.

Senada dengan itu, Ustad Muhammad Jazir yang Ketua Ta'mir Masjid Jogokariyan, Yogyakarta menyebut maulid merupakan metode pendidikan agar tidak pernah lupa dengan tauladan utama Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan.

"Ini agar bisa capai tujuan hidup dunia dan akhirat. Sebab hanya ada satu model, contoh, teladan pribadi yang dapat menjadi acuan semua ummat," katanya.

Dia menjelaskan, contoh terbaik yang harus dilakukan adalah sholat. Sholat Rasul, kata dia, dilaksanakan berjamaah di masjid.

"Rasul tidak pernah tidak sholat berjamah di masjid, kecuali saat dalam perjalanan dan sakit keras. Kalau mau mencontoh Rasul, sholat berjamaahnya di masjid" sebutnya mengingatkan.

Dalam sholat berjamah, jelas dia, ALLAH SWT menilai imam. Jika khusu, maka seluruhnya khusu. Sebaliknya jika imam tidak khusu, ALLAH SWT akan melihat salah satu jamaah yang khusu dan akan dinilai seluruhnya khusu.

Pada kesempatan itu, dia mengingatkan takmir masjid harus mampu melaksanakan adzan mengajak orang sholat dengan membuat program yang dapat meningkatkan semangat jamaah sholat berjamaah di masjid. 

Tidak seperti sekarang, hanya sekadar meneriakan adzan, sehingga yang datang sholat berjamaah sedikit.

Padahal dengan sholat berjamaah di masjid melatih setiap orang berzakat, bukan jadi penerima zakat. Erat kaitannya meningkatkan kesejahteraan masyarakat berbasis komunitas.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 Hijriah diawali Sholat Magrib dan Isya berjamaah yang kemudian dilanjutkan pembacaan maulid habsy dan ayat suci Al Quran.

Nampak hadir Ketua Badan Pengurus Masjid Baitul Muttaqien Islamic Center Kaltim, Awang Dharma Bhakti, serta yang mewakili Ketum MUI Kaltim, Danrem 091 ASN, Dandim 0901 Samarinda, dan Kapolres Samarinda.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023