Mensos Ingatkan Hari Pahlawan Harus Tingkatkan Kesadaran Cinta Tanah Air
10 November 2019 Admin Website Berita 6951
Mensos Ingatkan Hari Pahlawan Harus Tingkatkan Kesadaran Cinta Tanah Air

SAMARINDA -- Menteri Sosial (Mensos) RI, Juliari P Batubara mengingatkan agar segenap generasi penerus dapat memaknai Peringatan Hari Pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat.

"Jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia. Jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggung jawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa," ujar Mensos dalam sambutan disampaikan Plt Sekprov Kaltim, M Sabani saat menjadi Irup Peringatan Hari Pahlawan 2019 tingkat Kaltim, di Taman Makam Pahlawan Samarinda, Minggu (10/11).

Dia juga berpesan agar generasi penerus tidak membiarkan negeri kita terkoyak, tercerai berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain. Kenanglah haribari pahlawan ini dengan wujud nyata bekerja dan bekerja membangun Negeri menuju Indonesia maju.

Sudara sebangsa dan setanah air, kata dia, hari pahlawan kiranya bukan hanya bersifat seremonial semata tetapi harus dapat diisi dengan berbagai aktivitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan.

Setiap hari pahlawan kita kembali diingatkan pada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam memperebutkan kemerdekaan Indonesia.

Pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu berjuang pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaan di Indonesia.

"Peristiwa yang mengingatkan bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang," katanya.

Semangat itu hendaknya perlu terus ditumbuhkembangkan di dalam hati sanubari segenap warga negara Indonesia. Dengan peringatan hari pahlawan diharapkan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan.

Sebagaimana ungkapan salah seorang funding father Bung Karno yang menyatakan bahwa hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawan dapat menjadi bangsa yang besar.

Selain itu peringatan Hari Pahlawan hendaknya dapat membangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini. Sebagaimana tema Peringatan Hari Pahlawan tahun 2019 "aku pahlawan masa kini".

Menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun warga negara Indonesia dalam bentuk aksi aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI. Seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain, dan sebagainya.

Patut diingat semangat kepahlawanan tidak  hanya ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga harta bahkan nyawa. "Sekarang untuk menjadi pahlawan bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi kita juga bisa dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan memberikan kemaslahatan," tukasnya.

Upacara Peringatan Hari Pahlawan juga dirangkai tabur buka di makam pahlawan. Nampak hadir Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekprov Kaltim, Moh Jauhar Efendi, Asisten Administrasi Umum Sekprov Kaltim, Fathul Halim, Staf Ahli Gubernur Kaltim, Kepala Dinsos Kaltim dan kepala perangkat daerah Kaltim lainnya.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 22 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023