watch_later

Jam Operasional : Senin - Jum’at 08.00 - 16.00 WITA

Semua Artikel

Artikel

Portrait Photography In Early Days


 

Paser – Kamis (27/6/2024) di Desa Mendik Makmur, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa melaksanakan kegiatan pembinaan untuk persiapan mengikuti lomba desa dan kelurahan tingkat regional wilayah III tahun 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat potensi dan inovasi yang dimiliki desa dalam berbagai aspek pembangunan.

 

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait, antara lain dari Bidang Pemdes Kabupaten Paser, Kepala Desa Mendik Makmur, serta narasumber dari DPMPD Provinsi Kalimantan Timur, Ketua LPM Provinsi Kaltim, dan Kadis PMD Paser. Peserta terdiri dari Kepala Dinas PMD dan jajaran Kabupaten Paser, OPD terkait, Sekcam Long Kali beserta jajarannya, LPM Kabupaten, dan TP-PKK kecamatan dan desa.

 

Pembahasan utama dalam kegiatan ini meliputi presentasi dari Kepala Desa Mendik Makmur mengenai inovasi dan capaian yang telah dicapai desa dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa inovasi yang dibahas antara lain adalah pemanfaatan tanah kas desa untuk dipinjamkan kepada masyarakat tanpa biaya sewa, pengadaan alat pertanian bagi masyarakat yang membutuhkan, serta program pengelolaan sampah menjadi nilai ekonomi.

 

"Dalam persiapan ini, kami juga menyesuaikan data dan profil desa sesuai dengan peraturan terkait untuk memastikan keakuratan informasi yang disampaikan," ujar Kepala Bidang Pemdes Dakwan Diny

 

Selain itu, Desa Mendik Makmur juga telah mengimplementasikan sistem informasi desa dengan program Smart Village, yang tidak hanya mencakup aplikasi teknologi tetapi juga program-program nyata yang menjadikan desa ini sebagai percontohan.

 

Dalam presentasinya, Kepala Desa menyampaikan bahwa di Desa Mendik Makmur, angka pengangguran telah mencapai nol, serta telah berhasil menurunkan angka stunting melalui program posyandu terintegrasi.

 

Kegiatan ini juga membahas persiapan untuk menghadapi potensi bencana alam, seperti kebakaran hutan, dengan memberdayakan masyarakat untuk menjadi tanggap api melalui pendidikan dan bantuan peralatan.

 

Sehari sebelumnya, kegiatan yang sama dilaksanakan di kelurahan Long Ikis, sebagai juara lomba kelurahan tingkat provinsi yang akan mewakili Kaltim ke tingkat regional III mendatang.

 

Pembahasan dalam kegiatan tersebut mencakup berbagai aspek persiapan untuk lomba, termasuk penerapan E-Government melalui aplikasi "Si Petanduk", pengelolaan data Epdeskel dari dinas pendidikan, dan strategi penanganan sampah dan limbah berbasis inovasi seperti penggunaan limbah kulit nanas dan pisang untuk pembuatan pupuk cair.

 

"Dalam persiapan ini, kami juga memperhatikan aspek-aspek penting seperti pelestarian budaya melalui sanggar tari dan persiapan produk UMKM yang sudah berijin edar serta bersertifikasi halal dan BPOM," ungkap Dakwan

 

Selain itu, kelurahan ini juga menyiapkan inovasi dalam sistem peradilan seperti sidang keliling dan isbat nikah untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat secara efektif.

 

Kegiatan pembinaan ini menegaskan komitmen Kelurahan Long Ikis dan Mendik Baru dalam mempersiapkan diri secara menyeluruh untuk lomba desa dan kelurahan tingkat regional wilayah III tahun 2024. Dukungan dari berbagai pihak terkait diharapkan dapat membantu kelurahan dan desa di kabupaten  meraih prestasi yang maksimal dalam kompetisi tersebut.

 

“Dengan persiapan yang matang dan terstruktur, kami berharap Kelurahan Long Ikis dan Mendik Baru siap untuk berkompetisi dan mengharumkan nama Benua Etam di kancah nasional” tutup Dakwan.

 

#Berita