Menyambut IKN, DPM Pemdes kembangkan kreatifitas Pemuda Karang Taruna

icon - In Berita By PRANATA HUMAS DPM PEMDES KALTIM    icon 224

Menyambut IKN, DPM Pemdes kembangkan kreatifitas Pemuda Karang Taruna

 

Senin, (3/6/2024) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa  menggelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Karang Taruna tentang kreatifitas pemuda dan Pelatihan persiapan ibukota Negara di hotel Aston Samarinda.

 

Kegiatan Bimtek Peningkatan Kapasitas Karang Taruna se Kalimantan Timur ini merupakan salah satu proses fasilitasi yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dalam mendorong peningkatan peran Karang Taruna sebagai pemberdayaan dan pendayagunaan Lembaga Kemasyarakatan Desa/Kelurahan sebagai sarana komunikasi dan alih informasi tentang eksistensi dan perkembangan terkini mengenai Ekonomi kreatif.

 

Sebagai representasi generasi muda di Indonesia, Karang Taruna harus berperan sebagai agent of change  di tingkat desa. Karang Taruna bukanlah sekedar organisasi pemuda biasa. Ia adalah tonggak kekuatan sosial yang memancarkan semangat gotong royong, kebersamaan dan kepedulian kepada sesama.

 

Dalam konteks masyarakat kita, peran Karang Taruna menjadi semakin penting. selain menjadi agen perubahan, organisasi ini menjadi jembatan yang menghubungkan berbagai kalangan, dari pemuda hingga lansia, dari berbagai latar belakang dan profesi, demi mewujudkan kesejahteraan Bersama.

 

Pada kesempatan tersebut, kepala DPM-Pemdes Puguh Harjanto mengajak seluruh elemen masyarakat untuk turut serta dalam mendukung dan mengoptimalkan peran Karang Taruna. “Mari kita bersama-sama menciptakan lingkungan yang kondusif bagi para pemuda untuk berkarya dan berprestasi. Dengan bersatu padu, kita akan mampu menghadapi berbagai tantangan dan meraih berbagai prestasi demi kemajuan bersama”, ucapnya.  

 

Ia mendorong Pemerintah Desa dan Kelurahan untuk memanfaatkan sumber dana yang ada untuk kegiatan Peningkatan Kapasitas bagi Karang Taruna. Sehingga para kelompok pemuda ini dapat terlibat aktif dalam pembangunan masyarakat.

 

menurutnya, dengan peningkatan kapasitas yang terus menerus, Karang Taruna diharapkan dapat menjadi kekuatan yang lebih besar dalam memajukan kesejahteraan masyarakat, tidak hanya di tingkat lokal, tetapi juga di tingkat nasional.

 

Kedepannya Karang Taruna memiliki komitmen untuk terus memainkan peran yang signifikan dalam menyongsong masa depan Indonesia yang lebih baik melalui pembangunan Ibu Kota Nusantara.

 

Kegiatan yang menghadirkan narasumber dari berbagai lembaga ini diantaranya Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Timur, PT. Telkom Indonesia, PT. Borneo Ocean Nauly dan Ketua Karang Taruna Kutim menyimpulkan untuk menggagas kegiatan jambore, pendataan karang taruna by name by address, dan sinergitas pihak eksternal.

 

Diakhir acara seluruh peserta sepakat untuk menyongsong Ibu Kota Nusantara dengan tagline "pemuda semangatnya harus berkibar, diposisi apapun kita tetap komitmen membangun Kalimantan Timur untuk IKN"