MoU Tiga Menteri Upaya Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional Level Desa
11 Oktober 2021 Arif Maulana Berita 6467
MoU Tiga Menteri Upaya Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional Level Desa

SAMARINDA – Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) tiga menteri terkait pengurangan pengangguran dan peningkatan perekonomian berbasis desa diakui sebagai bagian upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional level desa.

 

“Patut disadari dampak COVID-19  masih sangat terasa hingga sekarang. Yang perlu terus dilakukan pemulihan ekonomi level desa,” ujar Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar saat penandatanganan MoU Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) serta Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop dan UKM), di Aula Balai Latihan Kerja Samarinda, Senin (11/10).

 

Menurutnya, angka pengangguran banyak di kota, tetapi angka kemiskinan lebih banyak di desa. Salah satu yang harus digenjot sebagai upaya penanggulangannya dengan peningkatan skill kompetensi  tenaga kerja di desa.

 

“Dana Desa bisa digunakan untuk itu. Prinsip untuk dua hal. Pemulihan ekonomi dan peningkatan SDM. Jika digunakan untuk peningkatan kapasitas SDM dua-duanya dapat. Pemulihan ekonomi dapat, peningkatan SDM dapat. Makanya sangat senang MoU ini,”katanya.

 

Sementara Staf Ahli Menkop UKM Rully Muryanto mengatakan MoU merupakan upaya sinergis untuk mencapai target penumbuhan rasio kewirausahaan 3,95 persen pada 2024. Artinya mendorong sekitar 1,5 juta wirausahawan baru.

 

“Tidak bisa sendiri. Harus bersinergi baik sesame kementerian/lembaga maupun pemanku kepentingan termasuk akademi. Acara merupakan bagian upaya tersebut. Bersinergi Kemenaker dan Kemendes PDTT dalam rangka itu,”akunya.(DPMPD Kaltim/arf)

 


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. MT. Haryono No.96, Air Putih, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75124
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023