Paser Daerah Pertama Dikunjungi Tim Verifikasi Lomba Dasa Wisma

icon - In Berita By Admin Website    icon 6911

Paser Daerah Pertama Dikunjungi Tim Verifikasi Lomba Dasa Wisma

PASER – Kabupaten Paser menjadi daerah pertama yang dikunjungi Tim Verifikasi Lomba Dasa Wisma Tingkat Provinsi Kaltim 2020. Tim mengunjungi Dasa Wisma Mawar 4 Desa Tapis RT 8, Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Rabu (16/9).

Dasa Wisma Mawar 4 merupakan salah satu dasa wisma perwakilan Kabupaten Paser yang masuk nominasi penilai Lomba Dasa Wisma Tingkat  Provinsi Kaltim. Selain Paser, terdapat dasa wisma perwakilan Kutai Kartanegara, Berau, Samarinda, Balikpapan, dan Bontang yang akan dkunjungi tim verifikasi sebagai nominasi dasa wisma terbaik di Kaltim.

“Verifikasi terkendala sedikit agak molor dari jadwal ditetapkan akibat COVID-19. Makanya mungkin ada beberapa yang tidak kita kunjungi, khusunya yang status kasus COVID-19 nya pada level merah,”kata Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kaltim, Norbaiti Isran Noor.

Dia mengaku bersyukur melihat antusias TP PKK Paser. Sebab kegiatan PKK semangatnya ada di Dasa Wisma dan dasa wismanya berhasil.

Seperti Dasa Wisma Mawar 4 yang berhasil mewakili Paser, dia berharap kedepan menjadi tujuan pembelajaran bagi dasa wisma lain di kabupaten yang berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Selatan ini. “Jadi kalau mau belajar tidak perlu keluar. Cukup ke Dasa Wisma Mawar 4,”timpalnya.

Karenanya diharapkan áda dukungan serius dari instansi terkait untuk pengembangan dasa wisma. Peran dasa wisma perlu ditingkatkan dan dilakukan revitalisasi.

Dasa Wisma merupakan wadah pencatatan kelahiran bayi, kematian, dan pindah. “Kalau direvitasisasi, dasa wisma bisa punya data yang lengkap. Statistik bisa kalah. Jadi desa/lurah, camat, maupun statistik tidak perlu susah cari data. Bisa ambil data di dasa wisma,”katanya.

TP-PKK Kaltim melakukan kunjungan sebagai Tim Verifikasi Lomba Dasa Wisma Tingkat Provinsi Kaltim tahun 2020, di Dasa Wisma Mawar 4 Desa Tapis RT 8, Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, 15 -16 September 2020.(DPMPD Kaltim/arf)