Paving Block Desa Suka Maju melaju ke 6 Besar Penilaian Prudes
Paving Block Desa Suka Maju melaju ke 6 Besar Penilaian Prudes

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Kalimantan Timur melalui Bidang Pembangunan Desa dan Kawasan Perdesaan (PDKP) mengunjungi Desa Suka Maju Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai tindak lanjut kegiatan penilaian produk unggulan desa, Kamis (20/7/2023).

 

Kunjungan ini merupakan tahapan kedua setelah pemeriksaan dan penilaian berkas terhadap 21 desa yang berpartisipasi dalam penilaian produk unggulan desa. Dan Desa Suka Maju yang masuk dalam enam besar Penilaian Produk Unggulan Desa(Prudes) tersebut mengandalkan Paving Block limbah plastik yang telah dijual hingga keluar desa dan kabupaten.

 

Yayuk Sehati yang merupakan perwakilan dari Bank Sampah Mandiri saat menerima kedatangan Tim Penilai Plastik menyampaikan bahwa Limbah Plastik merupakan material yang sangat sulit terurai dimana degradasi plastik dengan cara menimbun memakan waktu yang sangat lama hingga puluhan tahun. Sementara menurutnya lagi, bahwa plastik merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan manusia.

 

Oleh karena itu, muncullah ide dari warga Desa Suka Maju tersebut untuk mengurangi sampah plastik yaitu dengan membuat paving block. Tentunya bahan pembuatan tidak hanya plastik saja, tetapi juga masih membutuhkan bahan lainnya sebagai pendukung untuk menghasilkan kekuatan, dan tingkat kehalusan hasil akhir. Kelebihan dari paving block plastik lebih kuat dan tidak mudah pecah. Produk tersebut dinilai lebih awet dari paving block biasanya, lantaran tidak terkikis Air.

 

Kepala Bidang PDKP Aswanda yang turut serta dalam Tim penilai tersebut menyampaikan bahwa kegiatan penilaian Prudes ini akan berlanjut ke Kota Bangun, kemudian ke Desa Maruat Kabupaten Paser, dan Desa Malaung Kabupaten Berau.


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 41 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023