Pemprov Kaltim Raih WTP Tahun ke Delapan
31 Mei 2021 Arif Maulana Berita 6260
Pemprov Kaltim Raih WTP Tahun ke Delapan

SAMARINDA -- Pemprov Kaltim kembali meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tehadap Laporan Hasil Pemeriksaan Keuangan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan Pemprov Kaltim tahun 2020. Opini WTP ini merupakan tahun ke delapan yang diraih Pemprov Kaltim.

 

"Pencapaian kedelapan kali menujukan Pemprov Kaltim punya komitmen dan bersinergi baik dalam penyusunan laporan keuangan sesuai standar," ujar Anggota VI BPK/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara VI BPK, Profesor Harry Azhar Azis Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan Keuangan BPK RI atas Laporan Keuangan Pemprov Kaltim tahun 2020 pada Rapat Paripurna DPRD Kaltim, di Gedung DPRD Kaltim, Senin (31/5).

 

Menurutnya catatan yang sudah diraih delapan kali tersebut akan menjadi maksimum jika diikuti peningkatan indikator peningkatan kesejahteraan masyarakat.

 

Sebab pemeriksaan keuangan yang dilakukan BPK tidak hanya bertujuan memberikan kesimpulan laporan hasil pemeriksaan berupa opini, tapi juga memberi gambaran kinerja pemerintah dalam pengelolaan SDA untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat.

 

Sejalan dengan itu BPK menyebut perlu ada perbaikan tata kelola pengawasan yang diantaranya terkait penyaluran bansos, penataan kerjasama, dan penataan barang milik daerah pada pihak ketiga.

 

Perbaikan tersebut diharap tidak hanya berdampak meningkatnya akuntabilitas petpi jg pengkatan kesejahteraan rakyat. Meskipun WTP tetap dibutuhkan perbaikannya tata kelola pengawasan penataan. “Segera tindak lanjuti rekomendasi BPK hingga batas waktu ditetapkan,”serunya.

 

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK dengan diikuti 28 anggota dewan. Hadir saat itu Gubernur Kaltim Isran Noor, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kaltim dan pemangku kepentingan terkait yang hadir secara langsung dan virtual.(DPMPD Kaltim/arf)

 


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. MT. Haryono No.96, Air Putih, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75124
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023