Pendamping Harus Punya Niat Mulia Jadi Bagian Penting Pembangunan Desa
16 November 2018 Admin Website Berita 6939
Pendamping Harus Punya Niat Mulia Jadi Bagian Penting Pembangunan Desa

SAMARINDA -- Keberhasilan pelaksanaan Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) dalam mewujudkan cita-cita pembangunan desa tidak terlepas peran pendamping desa. Karenanya penting terus diingatkan pendamping harus mempunyai niat mulia menjadi bagian penting dalam mewujudkan pembangunan desa.

"Yang terpenting itu. Semua harus punya semangat sama mewujudkan mimpi pembangunan desa yang diidamkan masyarakat desa terwujud," tegas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD), Moh Jauhar Efendi saat menutup Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pendamping Desa, di Samarinda, Jumat (16/11).

Tenaga pendamping harus mampu mengawal komitmen kepala desa terkait kebijakan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat agar bisa dianggarakan pada APBDes setiap tahunnya. Fasilitasi agar masuk dalam dokumen perencanaan pembangunan desa agar berjalan baik.

Sebagai contoh fokus atau prioritas pelaksanaan P3MD kedepan bukan lagi prioritas membangun infrastruktur, tapi lebih peningkatan kapasitas dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Bukan tidak boleh untuk infrastruktur, melainkan porsinya tidak sebesar prioritas pelaksanaan P3MD 2018.

"Berbagai materi yang disampaikan fasilitator melalui pelatihan ini diharap semakin meningkatkan kapasitas pendampingan. Harapannya kualitas perencanaan programnya semakin baik mengakomodir kepentingan masyarakat dan sesuai ketentuan prioritas penggunaan dan desa. Makanya sekarang bagaimana ilmu yang diperoleh diaplikasikan dengan baik," katanya.

Pendamping desa diharap sama seperti isi Mars Pendamping Desa yang dinyanyikan saat memulai acara. Harus mampu berjanji memberantas kemiskinan.

Prinsipnya harus punya pemahaman sama bagaimana Indonesia, khususnya Kaltim bisa maju dan sejahtera.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. MT. Haryono No.96, Air Putih, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75124
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023