Penting, Desa Updating Data Profil Desa
13 Februari 2019 Admin Website Berita 11299
Penting, Desa Updating Data Profil Desa

SAMARINDA – Pemerintah Desa diminta selalu melakukan updating atau memperbaharui data profil desanya masing-masing. Ini dianggap penting karena data profil desa merupakan potret wajah desa yang bisa dijadikan acuan dalam menetapkan rencana pembangunan.

“Profil desa idealnya memang harus senantiasa diperbaharui menyesuaikan kondisi riil di lapangan. Makanya desa yang belum membuat profil diminta segera membentuk dan yang sudah ada tinggal diperbaharui,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, Moh Jauhar Efendi, Rabu (13/2).

Menurutnya, keberadaan profil desa dianggap penting karena memberi gambaran menyeluruh tentang karakter desa yang meliputi data dasar keluarga, potensi SDA dan SDM, kelembagaan, prasarana dan sarana, serta perkembangan kemajuan dan permasalahan yang dihadapi desa.

Selain menjadi dasar menetapkan sasaran program pembangunan desa, profil desa bisa digunakan menjadi dasar melakukan penilaian evaluasi perkembangan desa. Diantaranya penilaian Indeks Desa Membangun (IDM) yang dilakukan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi untuk menilai status desa.

Jauhar mengaku yakin IDM Kaltim 2018 yang menempatkan status desa di Kaltim rata-rata masih tertinggal dipengaruhi data profil yang kurang update.

“Saya pernah melakukan cek potret perkembangan desa pada satu kecamatan. Jika mengacu data yang ada malah terdapat dua desa statusnya turun. Tentu ini merugikan. Seharusnya desa sudah status berkembang misalnya, malah turun menjadi tertinggal karena datanya tidak update. Makanya harus diperbaiki. Data harus lengkap dan update,” katanya.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 23 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023