Penting, Pelatihan Tingkatkan Kapasitas KP-SPAM
29 Maret 2021 Arif Maulana Berita tentang Desa 5104
Penting, Pelatihan Tingkatkan Kapasitas KP-SPAM

TENGGARONG – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim M Syirajudin menegaskan Pelatihan Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (KP-SPAMS) merupakan kegiatan penting dalam rangka peningkatan kapasitas para KP-SPAMS.


“Pelatihan diharapkan dapat menjadi wadah terjalinnya komunikasi antar pemangku kepentingan dan sharing informasi serta identifikasi permasalahan dan hambatan dilapangan yang dialami masyarakat dalam melanjutkan program penyediaan air minum dan sanitasi,”ujar M Syirajudin saat membuka Pelatihan KP-SPAMS, di Tenggarong, Senin (29/3).


Kedepan kegiatan diharapkan menjadi agenda rutin dan dapat menjadi wadah evaluasi perkembangan sarana dan prasarana di Desa. Dia berharap dengan kebersamaan bisa mewujudkan dan meningkatankan kesejahteraan bersama melalui kegiatan air minum dan sanitasi ini.


Seperti kita ketahui pemenuhan kebutuhan dasar air minum dan sanitasi bagi masyarakat perdesaan merupakan kebijakan pemerintah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat atau yang lebih kita kenal dengan program PAMSIMAS merupakan program unggulan dalam pemenuhan kebutuhan dasar tersebut, yang berorientasi kepada proses pemberdayaan masyarakat agar masyarakat mampu secara mandiri menyediakan sarana air minum dan sanitasi yang layak dan berkelanjutan.


“Salah satu aspek yang sangat menentukan keberlanjutan program ini adalah terbentuk dan berfungsinya Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (KP-SPAMS). Dimana KP-SPAMS mempunyai tugas untuk mengelola operasi dan pemeliharaan dari sistem air minum yang sudah dibangun. Mengingat tugas dan fungsinya yang strategis yaitu menjaga keberlanjutan hasil program, maka diperlukan kelembagaan yang kuat dan berkinerja baik,”katanya.
Disisi lain dia menyebut kerja sama Desa untuk kegiatan air minum dan sanitasi adalah kesepakatan bersama antar Desa dan/atau dengan pihak ketiga yang dibuat secara tetulis untuk kegiatan pembangunan dan/atau pengembangan dan/atau pemeliharaan sarana penyediaan air minum dan sanitasi yang merupakan kewenangan Desa.


Tujuannya untuk memberikan pelayanan dasar masyarakat Desa serta menimbulkan hak dan kewajiban para pihak.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online 1
Pengunjung Hari Ini 358
Halaman Dikunjungi Hari Ini 1233
Total Pengunjung 157799
Total Halaman Dikunjungi 1405104
Government Public Relation

Jl. MT Haryono - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1405104
Bulan ini : 1233
Hari ini : 1233

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021