Penuh Optimis, Kabupaten/Kota Ingin Jadi Terbaik Lomdeskel Tingkat Kaltim
30 Maret 2023 Arif Maulana Berita 5095
Penuh Optimis, Kabupaten/Kota Ingin Jadi Terbaik Lomdeskel Tingkat Kaltim

BALIKPAPAN – Pemprov Kaltim melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) bersiap menggeber event tahunan Lomba Desa/Kampung dan Kelurahan (Lomdeskel) tingkat Provinsi Kaltim tahun 2023. Lomba akan dimulai 22 Mei 2023 hingga 21 Juni dengan diawali tahapan penilaian administrasi, pemaparan, hingga penetapan juara.

 

Kepala DPMPD Kaltim Anwar Sanusi melalui Kabid Pemerintahan Desa dan Kelurahan Dakwan Diny menyebut kabupaten/kota se Kaltim terlihat penuh optimis berlomba menjadi terbaik juara lomdeskel tingkat Provinsi Kaltim.

 

“Semua menunjukan antusias dan berambisi menjadi juara. Terlebih untuk lomba kelurahan. Perwakilan kabupaten/kota yang hadir semua optimis menjadi juara,” ujarnya saat membuka Rapat Sosialisasi Penyelenggaraan Lomdeskel tingkat Provinsi Kaltim, di Hotel Grand Jatra Balikpapan, Kamis (30/3/2023).

 

Saat sesi diskusi, peserta yang merupakan perwakilan Bagian Pemerintahan maupun Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kampung (DPMD/K) se Kaltim mengaku setelah mengetahui detail persyaratan pokok penilaian lomba akan berusaha memenuhinya untuk menjadi juara.

 

Sebagai contoh yang diungkapkan Penggerak Swadaya Masyarakat DPMD Penajam Paser Utara Kansip. Mereka mengaku akan mengutus kelurahan yang sudah mengisi Prodeskel, karena PPU hanya jadi juara dua lomba kelurahan tahun 2022 akibat belum mengisi Prodeskel.

Pun demikian kabupaten/kota lain. Semua dipastikan akan lebih mempersiapkan lebih awal untuk keikut sertaan lomdeskel tingkat Provinsi.

 

Dakwan Diny menambahkan, sesuai petunjuk pelaksanaan lomba, kabupaten/kota harus terlebih dahulu melaksanakan lomdeskel di tingkat kecamatan sebelum menetapkan desa/kampung dan kelurahan yang akan mewakili mengikuti lomba di tingkat provinsi.

 

“Nantinya juara Lomdeskel tingkat provinsi akan mewakili Kaltim di tingkat nasional regional III. Harapan kita bisa juara lagi seperti tahun 2022. Kita berhasil menyapu bersih lomba desa/kampung, lomba kelurahan sehingga berhasil meraih Upakarya Wanua Nugraha, serta stand pameran inovasi Pindeskel,” sebutnya.

 

Tentunya, sambung dia, dengan didahului melakukan pendampingan bagi desa/kampung dan kelurahan yang akan dalam mengikuti Lomdeskel tingkat nasional regional III.(DPMPD KALTIM/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023