Peringatan Dies Natalis ke 57 Diharap Gelorakan Tekad Berinovasi
27 September 2019 Admin Website Berita 6485
Peringatan Dies Natalis ke 57 Diharap Gelorakan Tekad Berinovasi

SAMARINDA -- Peringatan Dies Natalis ke 57 Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda diharap menjadi momentum menggelorakan tekad semua civitas akademika untuk terus berinovasi di segala bidang.

"Patut disadari dengan inovasi kita bisa berhasil menaklukkan era disrupsi dan selamat dari iklim kompetensi yang semakin ketat pada saat ini" ujar Gubernur Kaltim dalam sambutan yang disampaikan Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekprov Kaltim, Moh Jauhar Efendi saat menghadiri Rapat Senat Terbuka dalam rangka Peringatan Dies Natalis ke 57 Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda, di Ruang Serba Guna Gedung Rektorat Unmul Samarinda, Jumat (27/9).

Terlebih, sambung dia, Presiden RI Joko Widodo telah mengumumkan dan menetapkan Provinsi Kaltim sebagai lokasi pemindahan Ibu Kota Negara yang menbuka lebar persaingan disegala bidang.

Itu artinya perlu inovasi yang dapat dilakukan sebagai cara-cara baru yang lebih efektif dan efisien dengan mempertimbangkan skala pekerjaan dan prioritas.

Tentunya melalui pengambilan keputusan partisipatif yang melibatkan proses berpikir dengan divergen dan bukan asas berpikir yang linear.

"Hanya saja tidak dipungkiri kita tidak bisa menjadi inovatif jika merasa terpaksa untuk berinovasi. Inovasi yang timbul karena kepatuhan dan ketakutan tidak akan membuahkan hasil optimal, karena berinovasi haruslah pilihan dan bukan karena kepatuhan," katanya.

Karenanya dia menilai tepat jika segenap pimpinan Unmul menerapkan pendekatan pimpinan transformatif yabg bersiifat kolegial, partisipatif, dan transparan. Pendekatan yang mendorong partisipatif segenap civitas akademik Unmul dalam memajukan Universitas tercinta meningkatkan layanan Tri Dharma perguruan tinggi.

Tidak lupa jajaran pimpinan Unmul diminta untuk terfokus pada peningkatan nuansa atmosfer dan akademik mendorong kegiatan kegiatan akademik, peningkatan novasi dan ipteks, serta inovasi pembelajaran. Kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, seminar internasional, dan kajian akademik lainnya.

"Kita berharap kerjasama Pemprov dengan Unmul semakin erat sehingga dapat mempercepat pencapaian program pendidikan sebagai upaya meningkatkan derajat pendidikan masyarakat Kaltim," harapnya.

Sementara Rektor Unmul Samarinda yang Ketua Senat, Masjaya menyebut peringatan diesnatalis hendaknya mampu mendorong Unmul agar meningkatkan peran dan punya andil terhadap pembangunan bangsa. Teruma pembangunan dan  pengembangan SDM.

"Diharap Unmul semakin maju membawa Visi Misinya menjadi lembaga pendidikan yanh bisa diandalkan,"katanya.

Kegiatan dihadiri pemangku segenap anggota senat Unmul, serta unsur Forkopimda Kaltim.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 20 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023