Prioritas Penanganan Stunting, DPMPD Tingkatkan Kapasitas KPM Berau
21 Maret 2023 Arif Maulana Berita 5181
Prioritas Penanganan Stunting, DPMPD Tingkatkan Kapasitas KPM Berau

BERAU -- Persoalan stunting bukan hanya menjadi agenda nasional, tapi juga menjadi target yang harus disasar dalam pelaksanaan pembangunan daerah. Kabupaten Berau salah satunya yang menjadi Kabupaten Prioritas penanganan Stunting.

 

Demikian ditegaskan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim Anwar Sanusi dalam sambutanya yang dibacakan Kepala Bidang Pemberdayaan Kelembagaan dan Sosial Budaya Masyarakat Rosalindawaty saat membuka Pelatihan Peningkatan Kapasitas bagi Kader Pembangunan Manusia (KPM) Kabupaten Berau, bertempat di Ballroom Hotel Bumi Berau, Tanjung Redep, Selasa (21 Maret 2023).

 

“Melalui pelatihan KPM diharap mampu meningkatkan pendataan 1.000 HPK (Hari Pertama Kelahiran), Peningkatan cakupan balita hadir ke posyandu untuk melakukan pengukuran pertumbuhan dan perkembangan balita, Meningkatkan pencatatan dan pelaporan kasus balita stunting dalam aplikasi Elektronic Human Development Worker (EHDW).

 

"Dan diharapkan KPM setelah pulang dari kegiatan ini segera mengoperasionalkan Aplikasi eHDW, sehingga aplikasi ini segera dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh KPM dalam membantu Desa/Kampung dalam upaya penanganan stunting di Desa/Kampung,"harapnya.

 

Perlu diketahui bahwa," Aplikasi Human Development Worker (eHDW) merupakan aplikasi seluler berbasis android sebagai alat bantu kerja Kader Pembangunan Manusia (KPM) dalam melakukan pendataan sasaran rumah tangga 1000 HPK (Hari Pertama Kelahiran) dan pemantauan 5 paket layanan pencegahan stunting di desa/kampung.

 

“Stunting tidak hanya mengenai pertumbuhan anak yang terhambat, namun juga berkaitan dengan perkembangan otak yang kurang maksimal. Hal ini menyebabkan kemampuan mental dan belajar anak dibawah rata-rata, dan bisa berakibat pada prestasi sekolah yang buruk,” tandasnya.

 

Pelatihan bertujuan meningkatkan Kapasitas Kader Pembangunan Manusia (KPM) untuk mengoprasionalkan Aplikasi Elektronic Human Development Worker (EHDW) pendataan dan pelaporan Penanganan Stunting di Desa/Kampung.

 

Penyelenggaraan dimulai 20 s.d 22 Maret dan diikuti sebanyak 80 KPM (Kader Pembangunan Manusia) yang berasal dari Desa/Kampung se Kabupaten Berau dengan menghadirkan Narasumber dari unsur Dinas PMD Kabupaten Berau, Dinas Kesehatan Kabupaten Berau, Tenaga Ahli P3MD Provinsi Kaltim, Tenaga Ahli Kabupaten Berau.

 

Turut hadir Kepala Bidang Pemberdayaan Kelembagaan dan Sosial Budaya Masyarakat DPMD Kabupaten Berau dan OPD Teknis Kabupaten Berau.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023