Rembuk Sepakati Pemkab Beserta Masyarakat Kukar Komit Laksanakan P2ST
13 Juni 2019 Admin Website Berita 6822
Rembuk Sepakati Pemkab Beserta Masyarakat Kukar Komit Laksanakan P2ST

TENGGARONG --  Rembuk Stunting yang dilaksanakan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menghasilkan beberapa kesepakatan penting.

Diantaranya Pemkab beserta masyarakat Kukar berkomitmen melaksanakan Percepatan Pencegahan dan Penanganan Stunting Terintegrasi (P2ST).

"Seluruh organisasi kemasyarakatan, organisasi profesi kesehatan, perguruan tinggi, serta forum tanggung jawab sosial perusahaan bekerja sama untuk membantu pemerintah dalam percepatan pencegahan dan penanganan stunting terintegrasi," ujar Ketua Tim Koordinasi Konvergensi Percepatan Pencegahan dan Penanganan Stunting Terintegrasi (KP2ST) Kukar, Sunggono dalam laporannya pada Rembuk Stunting Kukar, di RSUD AM Parikesit, Kamis (13/6).

Penanganan dan pembiayaan kegiatan percepatan pencegahan penanganan stunting terintegrasi bersumber dari dana APBD, APBDes, APBN, CSR, dan sumber dana lainnya yang sah.

Sebagai tindak lanjut akan dilakukan pembentukan tim koordinasi konvergensi percepatan pencegahan dan penanganan stunting yang terintegrasi di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kemudian dilanjutkan dengan menyusun tindak lanjut kegiatan percepatan pencegahan dan penanganan stunting yang terintegrasi yang diikuti monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan percepatan pencegahan dan penanganan stunting terintegrasi.

"Dengan kegiatan ini kita semakin memahami apa itu tugas Tim KP2ST sehingga meningkatkan komitmen. Hari ini akan dipaparkan peran masing-masing dalam pelaksanaan kegiatan P2ST," sebutnya.

Sebagai penunjang tim diharapkan dapat mengembangkan potensi bahan pangan lokal dalam makanan tambahan sebagai upaya percepatan pencegahan dan penanganan stunting yang terintegrasi di wilayah Kabupaten Kukar.

Seperti diketahui, daerah cakupan kegiatan percepatan pencegahan dan penanganan stunting yang terintegrasi di wilayah Kukar tersebar pada beberapa desa di 21 Kecamatan se Kecamatan Kukar.

Berdasarkan data per Mei 2019, jumlah anak stunting atau pendek dan sangat kerdil terbanyak terdapat di Desa Santan Ulu, Kecamatan Marangkayu, di Bawah penanganan Puskesmas Perangat sebanyak 75 orang dengan prevalensi 38,66.

Sedangkan yang jumlahnya paling sedikit di Desa Sungai Bawang, Kecamatan Muara Badak di bawah penanganan Puskesmas Badak Baru sebanyak 6 orang dengan prevalensi 30,00.

Rembuk merupakan rangkaian pelaksanaan kegiatan P2ST dalam rangka penyusunan program yang dilaksanakan di Kukar sejak Pebruari 2019 dengan diawali analisis stunting perdesa.

Hadir dalam rembuk Kepala DPMPD Kaltim, Kepala Dinkes Kaltim, DPRD Kukar, OPD Kukar, camat se Kukar, kepala Desa terpilih se Kukar, puskesmas terpilih, TJSP, organsiasi profesi kesehatan, dan ormas terkait lingkup Kukar.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023