Resmi, DKP3A Miliki Kliknik PPRG Wujudkan Persamaan Gender
06 Maret 2020 Admin Website Berita 6442
Resmi, DKP3A Miliki Kliknik PPRG Wujudkan Persamaan Gender

SAMARINDA -- Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim resmi memiliki Kilinik Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) atau disingkat Klik Peran Si Gen.

Klinik PPRG diresmikan Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi dalam rangkaian Silaturahim Keluarga Besar DKP3A dengan Wagub, di Aula Kantor DKP3A Kaltim, Jumat (6/3). Peresmian ditandai pembukaan tirai papan nama Klinik PPRG.

Dikatakan Wagub Klinik PPRG sebagai upaya mendukung pelaksanaan Perda No2/2016 tentang Pengarusutamaan Gender Dalam Pembangunan Daerah dan Surat Edaran Gubernur Nomor 900/8153/2368-III/BPKAD tentang Penganggaran Responsif Gender.

Kemudian Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 67 Tahun 2011 tentang Petunjuk Teknis Pengarusutamaan Gender di Daerah serta Instruksi Presiden Nomor 9 tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender Dalam Pembangunan Nasional yang mewajibkan setiap Kementerian/Lembaga untuk melaksanakan pengarusutamaan gender di seluruh sektor pembangunan, di semua tingkat pemerintahan.

Kondisinya Indeks Pembangunan Gender (IPG) Kaltim mengalami peningkatan dari 85,62 menjadi  85,63 dan meningkat kembali menjadi 85,98 pada tahun 2019.

Namun pencapaian ini masih di bawah Kalimantan Utara yang memiliki indeks  87,00 pada tahun 2019. Dengan Indeks Pembangunan Gender Nasional yang bertengger pada 91,07 menempatkan Kalimantan Timur pada ranking tiga terbawah dari 34 Provinsi.

Hal yang serupa tergambar pada Indeks Pemberdayaan Gender Kaltim (IDG). Dalam tiga tahun terakhir ini IDG Kaltim mengalami kenaikan dari 56,93 menjadi 65,64 dan di tahun 2018 pada angka 57,53.

Capaian yang diperoleh Kaltim tersebut masih lebih rendah bila dibandingkan dengan Kalimantan utara yang memiliki indeks  69,53 pada tahun 2018. Sementara IDG nasional adalah 72,10. Data IDG ini secara langsung menempatkan Kaltim pada rangking 3 terbawah dari 34 Provinsi.

Capaian indeks di atas, baik IPG maupun IDG menggambarkan adanya kesenjangan antara perempuan dan laki- laki di Kalimantan Timur terhadap akses, manfaat dan partisipasi serta kontrol dalam pembangunan.

Kondisi ini perlu segera diatasi dengan berbagai upaya dan komitmen dari seluruh Perangkat Daerah Kaltim guna memperkecil kesenjangan tersebut, dengan berpedoman pada PMK  Nomor  94/PMK 2/2017 tentang Petunjuk dan Penelaahan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga dan Pengesahan DIPA, dimana penerapan Anggaran Responsif Gender diharapkan langsung menjawab permasalahan kesenjangan gender yang ada.

"Karenanya Klinik PPRG diharap menjadi bagian pelaksanaan amanah UU dimaksud dalam mewujudkan perencanaan dan penganggaran responsif gender," sebutnya

Sedangkan dalam tausiyahnya, dia mengajak semua untuk selalu berbuat baik karena kebaikan yang dilakukan menjadi penolong dalam kehidupan. Kemudian dalam melaksanakan tugas harus dilaksanakan dengan ikhlas agar hasilnya baik.

Sementara Kepala DKP3A, Halda Arsyad peluncuran Klinik PPRG dimaksudkan untuk mewujudkan penganggaran yang responsif gender. "Sebelum pensiun saya ingin bisa lakukan kegiatan sebagai pengungkit mewujudkan PPRG di Kaltim," akunya.

Tekadnya, kedepan Kaltim bisa mendapatkan peringkat utama penghargaan tingkat Madya
Anugerah Parahita Ekapraya (APE). Klinik PPRG merupakan pendorong mewujudkan pengarusutamaan gender melalui perencanaan dan penganggaran pembangunan yang responsif gender.

Sedangkan silaturahmi dan ceramah agama yang disampaikan wagub Hadi Mulyadi diharap dapat meningkatkan silaturahim antar pegawai dan memperoleh ilmu serta sebagai pencerahan tentang ilmu agama.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023