Sabani Ingin Ada Metode Baru Penilaian Camat Berprestasi
18 November 2020 Admin Website Berita 7048
Sabani Ingin Ada Metode Baru Penilaian Camat Berprestasi

SAMARINDA -- Sekprov Kaltim M Sabani menyarankan perlu ada penyempurnaan proses penilaian camat berprestasi tingkat Provinsi Kaltim. Dia ingin ada metode baru dalam penilaiannya yang benar-benar dapat mengukur kompetensi dan inovasi Camat berprestasi.

"Sekarang kan masih sistem konvensional. Camat menyiapkan prestasi dari rumah, paparan, dan tanya jawab. Kedepan tidak perlu buat presentasi dari rumah, tapi langsung di Gedung Assemen Center Kaltim," ujar M Sabani setelah mewakili Gubernur Kaltim membuka Penilaian Camat Berprestasi Tingkat Provinsi Kaltim, di Samarinda, Rabu (18/11).

Camat bisa mengekspresikan inovasi yang ingin dituangkan dalam presentasi langsung di assesmen, dipaparkan dan tanya jawab seperti seleksi terbuka pengisian pejabat struktural Pemprov Kaltim.

Dengan metode assessmen bisa kelihatan jelas inovasi yang dilakukan camat dalam memajukan wilayahnya, termasuk dalam penanggulangan COVID-19. Seperti difahami, Camat perannya penting sebagai perangkat daerah yang dulunya sebagai perangkat wilayah.

Dengan demikian selain bisa menjadi juara lomba camat berprestasi, juga sekembalinya ketempat asal bisa bersinergi lebih baik dengan perangkat di bawahnya dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Mengingat camat yang mengikuti penilaian di tingkat provinsi merupakan mereka yang berprestasi di tingkat kabupaten. Hasil dari objektifitas penilaian kinerja mereka yang dihasilkan di kabupaten/kota yang diwakili.

Pada kesempatan itu, dia juga meminta tim penilai melakukan penilaian secara objektif tanpa melihat almamater latar belakang pendidikan maupun kedekatan emosional.

Penilaian, sambung dia tidak lain untuk melihat inovasi bagaimana para camat membangkitkan kemandirian masyarakat. Meskipun tidak dipungkiri camat di kota dan kabupaten berbeda masalah dan spesifikasi masalahnya, termasuk kultur masyarakatnya.

“Menang atau kalah jangan berkecil hati, kalian (camat,red) sudah berprestasi di kabupaten/kota.  Mewakili kabupaten/kota penilaian di tingkat provinsi,”sebutnya.

Sementara Kepala Biro Pemerintahan Perbatasan dan Otonomi Daerah (PPOD) Setprov Kaltim, Deni Sutrisno mengatakan penilaian camat berprestasi bertujuan memotivasi kinerja camat. Utamanya mereka yang ditunjuk masing-masing kepala daerah melalui keputusan bupati/walikota mewakili penilaian di tingkat provinsi.

Adapun yang dinilai Camat Batu Sopang Kabupaten Paser, Camat Muara Badak Kabupaten Kukar, Camat Biatan Kabupaten Berau, Camat Siluk Ngurai Kabupaten Kubar, Camat Rantau Pulung Kabupaten Kutim, Camat Penajam Kabupaten PPU, Camat Long Bagun Kabupaten Mahulu, Camat Balikpapan Selatan Kota Balikpapan, Camat Samarinda Kota Kota Samarinda, dan Camat Bontang Barat Kota Bontang.

Sedangkan Tim Penilai diketuai Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekprov Kaltim Moh Jauhar Efendi dengan anggota tim dari unsur BAPPEDA Kaltim, DPMPD Kaltim, Satpol PP, Biro PPOD, dan Biro Organisasi.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023