Sarno Minta Pemprov Fasilitasi Pertemuan Bahas Upaya Pembinaan LPM
20 November 2019 Admin Website Berita 6263
Sarno Minta Pemprov Fasilitasi Pertemuan Bahas Upaya Pembinaan LPM

SAMARINDA -- Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (DPD LPM) Kalimantan Timur, Sarno mengunjungi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, Rabu (20/11).

Kunjungan yang diterima Kepala Bidang Pemberdayaan Kelembagaan dan Sosial Budaya Masyarakat DPMPD Kaltim, Isnaini ini dalam rangka Koordinasi Tentang Sinergitas Program Lembaga Kemasyarakatan Desa/Kelurahan

Dalam perbincangan singkat tersebut, Sarno berharap Pemprov Kaltim membantu memfasilitasi pertemuan bersama pemerintah kabupaten/kota untuk membahas upaya pembinaan LPM sebagai Mitra Pemerintah Desa dan Kelurahan untuk mengawal proses perencanaan dan Pembangunan Desa/Kelurahan.

“Oleh karena itu saya mengharapkan Pemprov Kaltim dalam waktu dekat dapat memfasilitasi pertemuan itu,” ujar Sarno.

Dia menilai keberadaan LPM yang merupakan salah satu lembaga kemasyarakatan Desa/Kelurahan (LKD/K) yang wajib harus ada di tingkat desa dan kelurahan masih ada yang belum dioptimalkan dan diberdayakan oleh Pemerintahan Desa dan Kelurahan. Keberadaan LPM juga masih diorentasikan hanya sebagai pelengkap instrumen di Desa/Kelurahan.

Padahal, keberadaan LPM di tingkat Desa / Kelurahan diharapkan mampu sebagai Perwakilan Aspirasi Warga. “Keberadaan LPM juga diharapkan sebagai mitra Pemerintahan Desa dan Kelurahan, kondisi LPM saat ini,”timpalnya.

Selain itu, LPM berharap dapat dilibatkan terkait pencegahan stunting dan tekait proklim, karena merasa masih kurang informasi terkait pelaksanannya. Dia berkeinginan menjadikan program kerja LPM Kaltim.

Menyikapi itu, Kabid Pemberdayaan Kelembagaan dan Sosial Budaya Masyarakat DPMPD Prov Kaltim, Trikorawati mengakatan bahwa ia mengharapkan keberadaan LPM di tingkat Desa dan Kelurahan dapat berkaloborasi bersama para Tenaga Pendamping Profesional, khususya di Desa.

Dia juga meminta agar LPM dapat dilibatkan dalam monitoring  pemanfaatan APBDes dan APBDKelurahan. Selain itu Trisnakorawati mengharapkan LPM dapat mengawal proses penyusunan APBDes. Mengingat pada tahun 2020 prioritas penggunaan dana desa dapat dimanfaatkan untuk kegiatan Pencegahan stunting dan lingkungan hidup.

“Di Kalimantan Timur sesuai target nasional dua kabupaten dijadikan lokasi sasaran pencegahan stunting, yaitu Kutai Barat dan Penajam Paser Utara. Sementara untuk program kampung iklim sesuai target RPJMD Kalimantan Timur ada 150 Desa dijadikan sasaran peningkatan status desa,”sebutnya.(DPMPD Kaltim/bagus/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023