SDM Kunci Pengembangan Desa Wisata
31 Maret 2021 Arif Maulana Berita 7144
SDM Kunci Pengembangan Desa Wisata

GUNUNG KIDUL -- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim M Syirajudin menegaskan kunci keberhasilan pengembangan Desa Wisata adalah SDM. 

 

Dia menilai potensi wisata yang ada di Kaltim tidak kalah menarik jika dikelola dan dikembangkan secara secara serius dan maksimal. 

 

"Makanya saya katakan SDM kunci utamanya. Ketika mendengar paparan Lurah dan Ketua Pokdarwis Nglanggeran, keberhasilan pengembangan desa wisata tergantung siapa dibelakangnya, " kata M Syirajudin saat melakukan kunjungan kerja ke Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (30/3). 

 

Karenanya setelah ini dia akan mengajak jajarannya untuk berbuat maksimal mendorong dan mendampingi desa bersiap menjadi desa wisata. 

 

Seperti memberikan pemahaman pentingnya menyiapkan SDM desa yang bisa menjadi pelopor sekaligus mengelola desa wisata, termasuk pelibatan lintas sektor untuk pemenuhan infrastruktur pendukungnya. 

 

Sebagai contoh pengembangan Ekowisata Gunung Api Purba Nganggeran. Dirintis oleh Karang Taruna Bukit Putra Mandiri di Desa Nglanggeran, Platuk, Gunung Kidul. 

 

"Kita berharap Kaltim kedepan bisa seperti ini. Tidak jauh beda. Kita juga punya potensi wisata alam seperti Karst Sangkulirang—Mangkalihat di Wilayah Kutai Timur. Tinggal pengelolaannya saja, " katanya. 

 

Kunjungan jajaran DPMPD di Desa Nglanggeran, Platuk, Gunung Kidul dihadiri Sekretaris DPMPD Kaltim Surono, Kabid Pembangunan Desa dan Kawasan Perdesaan Sri Wartini, Kabid Usaha Ekonomi SDA dan Teknologi Tepat Guna Elvis, serta pejabat dan staf terkait. 

 

Kunjungan dalam rangka orientasi lapangan untuk mendukung pembangunan dan pengembangan Desa Wisata di Provinsi Kaltim.(DPMPD Kaltim/arf) 


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023