Serapan Anggaran Kegiatan FCPF Carbon Fund DPMPD Relatif Terbaik
07 April 2020 Admin Website Berita 6417
Serapan Anggaran Kegiatan FCPF Carbon Fund DPMPD Relatif Terbaik

SAMARINDA – Kinerja Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim dalam mendukung program pengurangan emisi karbon berbayar atau Forest Carbon Partnership Fasility (FCPF) Carbon Fund 2020-2024 terbilang berhasil.

Berdasarkan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan FCPF Carbon Fund pada beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kaltim, serapan anggaran DPMPD relatif terbaik ketimbang beberapa OPD lain.

Hal itu diungkapkan Pejabat Pembuat Komitmen FCPF Carbon Fund pada Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (P3SEKPI KLHK), Choirul Akhmad saat menyampaikan hasil monev melalui video confrence bersama OPD Kaltim, Selasa (7/4).

“Relatif paling baik serapan anggaran DPMPD mencapai 99 persen lebih. Meskipun tidak dipungkiri serapan anggaran OPD lain juga sudah cukup bagus,” sebut Choirul Akhmad.

Karenanya dia mengucapkan terima kasih dukungan OPD Kaltim yang terlibat berkondtribusi. Semua sudah menunjukan berusaha melaksanakan kegiatan semaksimal mungkin.

Kekurangan yang terjadi dengan berbagai dinamika permasalahan jadi bahan evaluasi bersama. Khususnya Dewan Daerah Perubahan Iklim (DDPI) Kaltim dalam merencankan kegiatan kedepan agar bisa dilaksanakan lebih baik.

“Secara umum terjadi ketidak optimalan perencanan anggaran. Misalnya rencana yang diundang 100 orang, yang hadir kurang dari target. Ini menunjukan kurang perencanaan optimal melihat potensi peserta yang hadir. Kekurangan menjadi catatan dan perbaikan. Semoga bisa menjadi bahan evaluasi kedepan,” sebutnya.

Untuk diketahui, kata dia kegiatan FCPF Carbon Fund tahun anggaran 2019 secara keseluruh dikerjakan 2 eselon I KLHK, yakni P3SEKPI dan Direktorat Mitigasi Perubahan Iklim. Khusus P3SEKPSI dengan dana sebesar Rp24 milyar, secara total hanya terealisasi Rp17 milyar.

Sementara Kepala DPMPD Kaltim, Moh Jauhar Efendi mengaku dua kegiatan FCPF Carbon Fund 2019 yang menjadi tanggung jawab DPMPD Kaltim semua terlaksana dengan baik.

Seperti kegiatan sosialisasi proklim, dari total pagu anggaran Rp848.156.000 dan realisasi Rp844.888.375 atau sebesar 99,61 persen.

Sosialisasi program Kampung Iklim mencakup 7 Kabupaten tersebar di 56 desa dan 4 Kelurahan sasaran. Jumlah peserta yang diundang hadir untuk mengikuti sosialisasi sebanyak 180 orang sampai dengan akhir kegiatan yang bisa hadir sebanyak 179 orang atau 99,44 persen.

Peserta terdiri dari unsur kepala desa, BPD, LPM dan dari Kelurahan terdiri dari unsur lurah, kasi pembangunan, dan LPM.

“Tingkat partisipasi peserta dan keingintahuan peserta tentang kebijakan Program Kampung Iklim cukup tinggi. Peserta sangat berharap agar sosialisasi Program Kampung Iklim dapat dilaksanakan secara berkelanjutan sehingga dapat diketahui oleh masyarakat secara lebih luas,” sebutnya.

Peserta bahkan mengaku siap mendukung Program Kampung iklim terkait dengan pelestarian hutan dan karbon yang akan diluncurkan ke desa sasaran melalui program FCPF-Carbon Fund sangat diharapkan oleh desa.

Kemudian untuk kegiatan monev dari total pagu Rp438.429.600 realisasi Rp384.543.100 atau 87,71 persen.  

Hasilnya pihak Pemerintah Desa, BPD, LPM yang mengetahui tentang program Kampung Iklim masih sangat terbatas, hanya mereka yang pernah diundang untuk mengikuti sosialisasi kegiatan yang berkenaan dengan program Kampung Iklim di desa.

Lokasi sasaran bagi kebanyakan desa belum menganggarkan tata batas administrasi desa dan RTRW desa. Kemudian lokasi sasaran program Kampung Iklim masih belum jelas oleh karena itu perlu menjadi perhatian bersama dalam rangka mengambil langkah-langkah kebijakan lebih lanjut.

“Desa lokasi sasaran program Kampung iklim pada prinsipnya siap mendukung program FCPF Carbon Fund. Mereka berharap sosialisasi program Kampung Iklim dan monev dapat dilanjutkan,”sebutnya.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 23 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023