Setelah Workshop, Anwar Sanusi Harap Masyarakat Semakin Berdaya Saing
07 November 2022 Arif Maulana Berita 5252
Setelah Workshop, Anwar Sanusi Harap Masyarakat Semakin Berdaya Saing

ANGGANA – Workshop Teknologi Tepat Guna (TTG) kembali digelar. Setelah sebelumnya diselenggarakan untuk pelatihan, membatik dan pemanfaatan serai wangi, sekarang giliran budidaya kepiting soka bagi masyarakat wilayah pesisir Kabupaten Kutai Kartanegara.

 

Kepala Dinas Pemberdyaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim Anwar Sanusi mengatakan, workshop hendaknya ditindaklanjuti dengan pengimplementasian ilmu yang didapat. 

 

“Kita berharap setelah workshop masyarakat semakin berdaya saing. Memanfaatkan sumber daya yang ada di daerahnya masing-masing,”ujar Anwar Sanusi saat membuka Workshop TTG Budidaya Kepiting Soka, di Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara, Senin (7/11/2022). 

 

Seperti budidaya kepiting soka, dia berpesan agar peserta pelatihan mengikuti pelatihan dengan baik untuk meningkatkan pengetahuan. Ilmu yang didapat dimanfaatkan untuk meningkatkan daya saing agar kesejahteraan semakin baik.

 

Terpenting, peserta workshop harus berinovasi mengembangkan hal-hal baru untuk meningkatkan nilai tambah produk. Sebagai contoh peserta wokshop pemanfaatan serai wangi mampu menghasilkan cairan cuci piring yang dinamai Basoh dan cairan cuci pakaian yang dinami Tepasan.

 

“Budidaya kepiting soka juga harus begitu. Tidak sebatas dijual bahan baku, tapi harus bisa diolah menjadi produk dengan nilai ekonomis tinggi,”serunya.

 

Workshop TTG sendiri diselenggarakan dalam rangka peningkatan pemberdayaan masyarakat yang pendanaannya kolaborasi dengan DPRD Kaltim melalu dana pokok-pokok fikiran (pokir) anggota dewan.

 

Nampak hadir Penggerak Swadaya Masyarakat Ahli Muda Helvin Syahruddin.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023