Sidak Ingin Ada Batik Motif Benda Sakral Kutai
04 November 2022 Arif Maulana Berita 5419
Sidak Ingin Ada Batik Motif Benda Sakral Kutai

TENGGARONG -- Hasil karya peserta Workshop Teknologi Tepat Guna (TTG) membatik dan pelatihan pemanfaatan serai wangi menarik perhatian Anwar Sanusi datang mendadak (Sidak) saat monitoring peserta pelatihan Workshop TTG, di Tenggarong, Jumat (4/10/2022).

 

"Terkait batik, semua karya peserta bagus-bagus, akan tetapi saya menginginkan agar ada lagi batik motif khusus benda-benda sakral bagi warga Kutai Lesung Batu, Suling, dan bila perl Hudoq," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim Anwar Sanusi.

 

Momen sidak sendiri dimanfaatkan Anwar Sanusi untuk berdialog bersama peserta pelatihan. Pada kesempatan itu dia menanyakan ke peserta setelah mengikuti workshop mau diapakan.

 

Peserta pun menjawab, mereka meminta Kepala DPMPD Kaltim dapat membantu mereka minimal permodalan dan pengadaan alat.

 

"Terus terang itu yang ingin saya lakukan. Bisa langsung menyentuh masyarakat. Bagaimana masyarakat butuh apa kita bantu, tapi kita terbentur aturan dan kewenangan. Makanya nanti kita ingin berkoordinasi ke Pemkab Kukar melalui DPMK agar juga bisa nangkap peluang," katanya.

 

Workshop sendiri dalam rangka untuk meningkatkan daya saing masyarakat di Desa/Kelurahan se Kalimantan Timur. DPMPD menyelengarakan Workshop Teknologi Tepat Guna melalui berbagai pelatihan, salah satunya di kukar ini, dpmpd sejak tanggal 30 Oktober - 7 November 2022 akan melaksanakan pelatihan membatik dan pelatihan pemanfaatan serai wangi,

 

Pelatihan dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan bagi pelaku posyantek yang ada di desa/kelurahan untuk dapat berkarya.

 

Pelatihan ini juga diberikan pembekalan pembuatan alat sederhana membatik dan alat suling sederhana. "Jadi konsepnya tetap memanfaatkan alat-alat sederhana. Namanya juga teknologi tepat guna," katanya.

 

Sari kegiatan ini, ada beberapa produk yg dihasilkan antara lain, sabun cuci piring, pengharum pakaian, balsem, antiseptik dan alat suling sederhana, sementara pelatihan membatik, setiap peserta membuat batik masing2 2 s.d 2.5 meter.(DPMPD Kaltim/bagus/arf)

 


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023