Soft Launching Gernas BBI, DPMPD Bakal Hadirkan BUMDes se Kaltim
31 Agustus 2021 Arif Maulana Berita 6144
Soft Launching Gernas BBI, DPMPD Bakal Hadirkan BUMDes se Kaltim

SAMARINDA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim disebut bakal menghadirkan BUMDes se Kaltim pada Soft Launching Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Kaltim tahun 2021 yang akan dilaksanakan secara virtual, 1 September 2021.

 

“Kita baru saja menghadiri Rapat Persiapan Soft Launching Gernas BBI. Kegiatan akan dilaksanakan dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigarsi dan diikuti peserta secara virtual oleh pemangku kepentingan terkait, termasuk BUMDes dan UMKM Kaltim,” ujar Kepala DPMPD Kaltim M Syirajudin saat mengikuti Rapat Virtual Persiapan Soft Launching Gernas BBI Kaltim 2021, Selasa (31/8).

 

Saat melaporkan kesiapan Kaltim, Iyad sapaan akrab M Syirajudin menyebut sudah berkoordinasi dengan kabupaten se Kaltim untuk menghadirkan BUMDes se Kaltim pada soft launching. Termasuk meminta kesediaan DPMD/K se Kaltim untuk turut hadir pada kegiatan tersebut.

 

“Jadi besok kita akan hadirkan DPMD/K dan BUMDes termasuk Tenaga Pendamping Profesional untuk mengikuti kegiatan,” katanya.

 

Menurutnya, soft launching menjadi gerakan awal pelaksanaan Gernas BBI Kaltim 2021 yang akan dilaksanakan Oktober mendatang. Kegiatan rencananya akan dibuka Mendes PDTT. Dari Kaltim akan diikuti Gubernur Kaltim diwakili Sekprov Kaltim sekaligus menjadi keynote speaker.

 

Sedangkan pelaksanaan Grand Launching Gernas BBI rencananya dilaksanakan di Kaltim pada 2 Oktober dan berlangsung hingga 30 Oktober 2021. Kegiatan akan dibuka Gubernur Kaltim Isran Noor.

 

Kegiatan Gernas BBI merupakan momentum yang harus dimanfaat BUMDes agar bisa seperti UMKM lainnya.

 

BUMDes diharap lebih aktif pada kegiatan ini, karena output akhir yang diharapkan 1.000 UMKM yang bisa menambah jangkauan melalui marketplace.

 

"Mumpung Kaltim jadi lokus berharap DPMPD Provinsi dan kabupaten mendorong BUMDes sampaikan profilenya. BUMDes yang siap produknya. Ini kesempatan untuk bisa aktif masuk dalam jaringan binaan produk UMKM. Harapannya setiap daerah punya BUMDes unggulan, " timpalnya.

 

Untuk diketahui, di Provinsi Kaltim dari 841 desa terdapat sebanyak 778 BUMDes aktif dengan berbagai unit usaha yang dikembangkan.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 20 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023