SW Lihat Permasalahan Belum Operasionalnya Pabrik Pakan Ikan KPPN Tanjung Redeb 

icon - In Berita By Arif Maulana    icon 5496

SW Lihat Permasalahan Belum Operasionalnya Pabrik Pakan Ikan KPPN Tanjung Redeb 

BERAU -- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim membantu fasilitasi penyelesaian masalah belum operasionalnya Pabrik Pakan Ikan Program Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN) Tanjung Redeb, di Kampung Teluk Semanting, Kecamatan Pulau Derawan, Kabupaten Berau.

 

Kepala DPMPD Kaltim Anwar Sanusi melalui Kabid Pembangunan Desa dan Kawasan Perdesaan Sri Wartini sengaja turun lapangan untuk melihat permasalahannya.

 

"Kita ingin melihat langsung apa sih masalahnya kok sejak 2019 diberikan bantuan belum operasional. Padahal keberadaannya dinilai membantu desa setempat yang berpotensi pariwisata dan perikanan dalam pemenuhan ketersediaan pakan ikan," ujar SW sapaan akrab Sri Wartini, di Pabrik Ikan KPPN Tanjung Redeb, Kampung Teluk Semanting, Kecamatan Pulau Derawan, Kabupaten Berau, Kamis (29/9/2022).

 

Dia mengunjungi pabrik didampingi perwakilan DPMK Berau Agus Salim, perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan Berau Abdul Mujib, Camat Derawan Samsuddin, Kepala Kampung Teluk Semanting Abd Gani, dan Tenaga Ahli P3MD M Fajri.

 

Hasil identifikasi diketahui permasalahannya setelah penyaluran bantuan belum ada transfer pengetahuan kepada pengelola BUMKam Bersama Karya Serumpun terkait instalasi hingga operasional peralatan yang ada.

 

Kemudian gedung pabrik belum teraliri listrik meskipun instalasi listrik dalam gedung sudah terpasang dan masih belum ada sumber air bersih.

 

Walhasil sejak 2019 peralatan yang ada hanya diletakan di dalam gedung pabrik dan belum termanfaatkan.

 

Karenanya hasil pertemuan berupa monev gabungan ini akan ditindaklanjuti membuat berita acara yang ditandatangani semua pihak terkait. 

 

Disampaikan segala permasalahan dan kebutuhan yang diperlukan seperti perlu ada transfer pengetahuan, menyambungkan listrik ke PLN, hingga pembuatan sumur bor, dan pengadaan papan jemur, serta kendaraan angkut bahan baku dari 4 kampung yang ada.

 

"Ini akan kita laporkan ke pusat. Kami akan agendakan pertemuan dengan yang membidangi KPPN di Kemendes PDTT. Permasalahan yang sudah kita identifikasi akan disampaikan agar ada tindak lanjut," katanya.

 

Harapannya bisa segera operasional dan memenuhi ketersediaan pakan ikan di wilayah Kecamatan Pulau Derawan dan sekitarnya, serta bila berlebihan dikirim ke luar daerah.

 

Untuk diketahui Pabrik Pakan Ikan tersebut merupakan bantuan Kemendes PDTT dalam rangka pengembangan KPPN Tanjung Redeb yang memiliki potensi pariwisata dan perikanan.

 

 

Bantuan pabrik diberikan kepada BUMKam Bersama Karya Serumpun yang membawahi empat kampung di Kecamatan Pulau Derawan, yakni Teluk Semanting, Pegat Betumbuk, Kasai, dan Tanjung Batu.(DPMPD Kaltim/arf)