Syirajudin Ikuti Seminar Daring Nasional
23 November 2020 Admin Website Berita 6279
Syirajudin Ikuti Seminar Daring Nasional

SAMARINDA – Pjs Bupati Kutai Barat M Syirajudin kembali melaksanakan tugas pokoknya sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim.

Didamping Sekretaris DPMPD Kaltim Surono, dia mengingikuti Seminar Daring Nasional yang mengusung tema “Peran Strategis Camat dan Lurah Sebagai Ujung Tombak Ketahanan Nasional di wilayah Kaltim” secara virtual dari ruang kerjanya, Senin (23/11).

Syirajudin menilai tema yang diangkat pada seminar nasional tersebut sangat relevan dengan pentingnya tugas camat dan lurah sebagai unsur pemerintahan di tingkat tapak.

“Boleh dikatakan camat dan lurah merupakan pimpinan wilayah setelah bupati/walikota. Sukses tidaknya pencapain program pemerintah tidak luput campur tangan camat dan lurah,”ujar Iyad sapaan akrab M Syirajudin.

Menurutnya camat merupakan ujung tombaknya sebuah negara, maju mundurnya negara ada di tangan camat. Kesuksesan sebuah lembaga itu tergantung pada level manager tengah. Suatu institusi kalau manager yang di level tengah seperti camat ini memiliki managerial baik, perubahan long lasting (jangka panjang) akan terjadi.

Dia menjelaskan, camat melakukan tugas pembinaan dan pengawasan desa melalui fasilitasi pengelolaan keuangan desa dan pendayagunaan asset desa, terutama terkait pada dana kelurahan dan dana desa yang dikucurkan oleh negara setiap tahunnya.

"Seluruh implementasi pembangunan nasional kuncinya juga ada di camat. Didukung lurah dan kepala desa dalam pelaksanaan di lapngan,”timpalnya.

Pun demikian amanah yang diembannya sebagai Pjs Bupati Kutai Barat. Dia menilai peran camat, lurah, dan kepala kampung sangat strategis dalam mensukseskan pelaksanaan program nasional dan daerah.

Karenanya sejak dilantik menjadi Pjs Bupati ia aktif membangun komunikasi dan koordinasi dengan camat, lurah, dan kepala kampung di wilayahnya. Melihat langsung pelaksanaannya dan mendengar apa yang menjadi kendala pelaksanaannya.

Seminar dimoderatori Kepala Biro Pemerintahan Perbatasan dan Otonomi Daerah Setprov Kaltim Deni Sutrisno dengena menghadirkan narasumber Gubernur Lemhanas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo. Nampak hadir Plt Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kaltim Ardiningsih.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 26 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023